Sukses

Wanita Beli Kuota Data Lebih Besar Dibanding Pria

Berdasarkan survei, wanita cenderung membeli paket internet dengan kuota lebih besar dibanding pria.

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan dunia digital di Indonesia tak hanya dimanfaatkan oleh pengguna pria. Berdasarkan hasil survei Mobile Browser Satisfactory Indeks yang dilakukan Opera Software, angka pengguna wanita dalam penggunaan mobile browser rupanya tak jauh berbeda dengan pengguna pria.

Dalam survei ini, 420 orang berusia 18-25 tahun dijadikan responden di kota besar di Indonesia meliputi Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Makassar. Fokus survei ini adalah mencari tahu mengenai perilaku browsing pengguna smartphone di Indonesia dan bagaimana mereka memakai internet di perangkatnya.

Hasilnya, lima perilaku browsing smartphone ini dianggap membuktikan wanita Indonesia juga melek teknologi. Bahkan, hasil survei juga menunjukkan kalau wanita lebih sering membeli paket internet dengan kuota besar dibanding pria.

Berikut hasil survei berdasarkan keterangan resmi Opera Software yang diterima Tekno Liputan6.com, Sabtu (17/6/2017).

1. Wanita Mengakses Browser Mobile Sesering Pria

Hasil survei membuktikan bahwa hampir 60 persen responden wanita mengakses mobile browser lebih dari 8 kali sehari untuk melakukan berbagai aktivitas online.


2. Wanita Lebih Tertarik Belanja Online di Browser Mobile

Survei menunjukkan pria dan wanita menggunakan browser untuk melakukan berbagai aktivitas yang sama. Misalnya saja untuk mencari informasi, membaca berita, dan mengakses sosial media.

Namun, rupanya wanita lebih sering memakai browser mobile untuk berbelanja online atau sekadar mencari barang di situs e-Commerce. 37 persen wanita mengaku menggunakan browser untuk berbelanja online, sementara hanya 34 persen pria yang melakukan hal ini.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beli Paket Internet dengan Kuota Besar

3. Wanita Cenderung Tidak Menyukai Browser Bawaan

Baik wanita maupun pria rupanya tak menyukai browser bawaan pada smartphone mereka. Mereka lebih senang menggunakan browser dari pihak ketiga. Namun ternyata hanya 1 dari 10 pengguna yang menggunakan browser bawaan pada smartphone-nya.

4. Beli Paket Data dengan Kuota Besar Seperti Pria

Seperti pria, wanita terbilang sering membeli paket data dengan kuota besar. Berdasarkan survei, lebih dari 50 persen responden wanita mengaku membeli paket data 5GB atau lebih tiap bulannya, sedangkan responden pria hanya 47 persennya yang membeli paket data di atas 5GB.

Tak hanya itu, 23 persen responden wanita mengaku kalau mereka membeli paket data lebih dari 10GB dan hanya 22 persen responden pria yang melakukan hal sama.

 

3 dari 3 halaman

Lebih Banyak Fitur Browser

5. Ingin Berbagai Fitur Pada Browser

Pengguna smartphone baik pria maupun wanita rupanya menginginkan fitur penghemat data dan ad-block di browser mereka. Hal ini karena pengguna ingin menghemat data saat browsing, terutama saat mengakses video dan gambar yang bagus. Selain itu, pengguna juga tak suka diganggu dengan iklan yang menutupi layar smartphone saat sedang browsing.

Beberapa fitur lain yang diinginkan adalah akses langsung ke situs e-Commerce, penggunaan mode offline, dan kehadiran newsfeed.

(Tin/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.