Sukses

Kanselir Jerman: Dunia Digital Butuh Regulasi Global

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan bahwa dunia digital membutuhkan regulasi internasional.

Liputan6.com, Meksiko - Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan bahwa dunia digital membutuhkan regulasi internasional. Regulasi yang dimaksud seperti untuk pasar finansial di G20 dan perdagangan di bawah World Trade Organization (WTO).

Merkel menekankan bakal muncul masalah keamanan yang penting jika tidak ada standar umum.

"Kita masih belum memiliki aturan internasional. Jika tidak ada, akan muncul sebuah 'pulau' dan dari situ semua bisa dilakukan, bersangkutan dengan keamanan yang bisa menghancurkan keseluruhan sistem," ungkap Merkel di samping Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, saat berkunjung ke Meksiko, seperti dikutip dari Reuters, Senin (12/6/2017).

Jerman ingin menggunakan posisinya di G20 mengembangkan rencana konkret untuk kebijakan digital pada pertemuan Juli 2017.

Merkel berharap, keinginan tersebut bisa tercapai, seperti halnya komitmen melawan serangan siber sistem perbankan global, yang telah disepakati negara-negara G20.

Jerman juga ingin membuat rencana global yang sama untuk mempromosikan internet cepat bagi semua pihak dan menyepakati standar teknis bersama pada pertemuan G20 di Hamburg, Jerman, bulan depan. Merkel berharap, Eropa dan Amerika Serikat (AS) bisa bekerja sama untuk hal tersebut.

"Eropa dan AS harus bekerja sama memastikan peraturan yang masuk akal, karena berbagai standar sejauh ini ditetapkan secara tidak konsisten," kata Merkel.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.