Sukses

Minecraft Kini Dapat Dimainkan Cross-Platform

Microsoft baru saja mengumumkan kehadiran pembaruan yang memungkinkan Minecraft dimainkan secara cross-platform

Liputan6.com, Jakarta - Bersamaan dengan peluncuran Xbox One X, Microsoft juga mengumumkan pembaruan untuk Minecraft. Melalui pembaruan ini, tampilan grafis gim dibuat lebih baik dan dapat mendukung cross-platform. 

Mengusung tajuk 'Better Together Update',  Microsoft kini menyatukan seluruh versi Minecraft ke dalam satu versi saja. Dengan demikian, tak lagi ada perbedaan yang ditawarkan masing-masing platform. 

Untuk memudahkan pengguna, seperti dikutip dari Tech Crunch, Senin (12/6/2017), Microsoft juga mengubah penamaan Minecraft. Kini, perusahaan itu tak lagi menggunakan embel-embel versi platform saat melakukan penamaan. 

Sebagai contoh, jika sebelumnya Microsoft menggunakan nama Minecraft for Xbox One atau Nintendo Switch, melalui pembaruan ini nama yang digunakan hanya Minecraft saja untuk seluruh versi platform. 

Penyederhanaan nama ini sekaligus memberi pesan pada pemain bahwa meski menggunakan platform berbeda, gim yang dimainkan tetap sama. Adapun platform yang dimaksud adalah Windows 10, iOS, Android, Xbox One, dan Nintendo Switch. 

Pembaruan untuk versi mobile dan Virtual Reality (VR) akan tersedia pada pertengahan tahun ini. Pengguna Xbox One dan Nintendo Switch juga akan mendapatkan pembaruan ini secara gratis, termasuk dunia yang telah diciptakan tetap muncul pada gim ini.

Melalui pembaruan ini, konten yang sudah diunduh akan tersedia di seluruh perangkat lain yang ikut memainkannya. Jadi, konten yang dibeli melalui versi mobile juga tersedia di Xbox dan Windows 10.

Dari segi grafis, gim ini sudah mendukung resolusi 4K. Selain itu, tampilan dalam gim ini, seperti efek air, bayangan, dan cahaya juga menjadi lebih baik.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.