Sukses

Alasan Lenovo Masih Jualan Smartphone 3G di Indonesia

Saat produsen smartphone lain sudah mengutamakan 4G, mengapa Lenovo masih jualan smartphone 3G?

Liputan6.com, Jakarta Lenovo meluncurkan smartphone terbarunya, Moto C. Menyasar segmen entry level, smartphone ini hadir dalam dua versi yakni 3G dan 4G.

Keduanya memiliki spesifikasi sama, yakni layar 5 inci, prosesor quad-core, OS Android Nougat 7.0, RAM 1GB, baterai 2.350 mAh, kamera utama 5MP dan kamera selfie 2MP dengan LED Flash serta memori internal 8GB (3G) dan 16GB (4G).

Soal harga, Moto C versi 3G dibanderol Rp 999 ribu dan Moto C 4G dibanderol Rp 1,29 juta. Saat produsen smartphone lain sudah mengutamakan 4G, mengapa Lenovo masih jualan smartphone 3G?

Anvid Erdian MBG 4P Manager Lenovo Indonesia mengatakan, 4G memang sedang digembar gemborkan di Indonesia dan konsumen sudah mulai teredukasi dengan smartphone 4G. Sayangnya, tahun ini masih banyak daerah di Indonesia yang belum ter-cover jaringan 4G.

"Karena operator seluler butuh waktu untuk membuat coverage 4G lebih luas, kami melihat smartphone 3G masih ada chance (untuk bersaing di pasaran). Meski (smartphone) ini 3G, tapi ini 3G yang berbeda dari yang lain," kata Anvid di Jakarta, Kamis (8/6/2017).

Anvid menjelaskan, coverage 4G yang belum menyeluruh di Indonesia inilah yang membuat Lenovo percaya diri menghadirkan smartphone 3G.

"Untuk sebagian konsumen, pengalaman internetan dengan 3G masih bagus, sebab di kota tertentu yang tidak di-cover jaringan 4G, penggunaan smartphone 4G justru menguras baterai. Maka di daerah tersebut pengalaman menggunakan 3G malah lebih bagus," ujar pria berkaca mata itu.

Ia mengatakan, pasar 3G yang masih ada di Indonesia membuat smartphone 3G punya kesempatan untuk dimaksimalkan.

"Masih banyak yang pakai jaringan 3G, karena coverage 4G belum maksimal, sehingga ponsel yang pakai 4G, otomatis akan mencari jaringan 3G jika tidak ter-cover 4G," tutur Anvid.

Sementara itu, Adrie R Suhadi Country Lead Lenovo MBG Indonesia menambahkan, smartphone Moto C yang berjaringan 3G bisa menjadi pengantar untuk pengguna ponsel fitur yang mau ganti ke smartphone.

Meski begitu, Anvid menyebut kalau persentase Moto C versi 4G jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan Moto C versi 3G.

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini