Sukses

Inilah Planet Terpanas di Alam Semesta

Suhu panas dari planet tersebut bahkan bisa mencapai 4.326 derajat Celsius.

Liputan6.com, California - Planet mana yang paling ‘panas’ di alam semesta? Jika kamu berpikir Mars atau Venus, bisa jadi salah. Belum lama ini, sekelompok ilmuwan NASA menemukan planet baru yang suhunya diklaim paling panas di alam semesta. Tercatat, suhu planet tersebut bisa mencapai 4.326 derajat Celsius!

Planet ini dinamai dengan sebutan “KELT-9b”, dan berlokasi 650 tahun cahaya dari Bumi. Jika dihitung, jaraknya cukup dekat dari Tata Surya. Setidaknya, butuh waktu satu hari setengah untuk bisa mencapaI orbit KELT-9b. Ukurannya sangat besar. Bahkan, bisa tiga kali lebih besar dari Jupiter.

Scott Gaudi, pimpinan ilmuwan yang juga mengajar di Ohio State University, mengungkap posisi planet paling panas tersebut.

“KELT-9b berada di konstelasi Cygnus. Suhunya lebih panas dari semua bintang-bintang yang hidup di alam semesta,” katanya sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip via Mirror, Rabu (7/6/2017).

KELT-9b sendiri memiliki bintang yang berputar dengan tekanan gravitasi besar, seperti layaknya Bulan ke Bumi. Namun, karena suhu planet terlampau panas, ia dapat memancarkan radiasi ekstrem. Alhasil, molekul kandungan air, karbon dioksida, dan metan tidak dapat terbentuk di planet tersebut.

“KELT-9b adalah jenis planet yang terbentuk dari sebuah massa, namun atmosfernya terbuat dari elemen berat: sodium, potassium hingga hidrogen dan helium yang bisa jadi komponen utama,” terang Gaudi.

Ke depannya, ilmuwan akan mempelajari KELT-9b dengan teleskop Spitzer dan Hubble untuk meninjau karakteristik planet tersebut. Mereka berasumsi, KELT-9b justru tidak akan memiliki usia panjang. Pasalnya, suhu panas yang ekstrem membakar planet dengan sendirinya.

Sebelumnya, planet paling panas di alam semesta adalah WASP-33b. Jaraknya sekitar 380 tahun cahaya dari konstelasi Andromeda dengan suhu 3.200 derajat Celsius.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.