Sukses

Hindari Soal Ujian Nasional Bocor, Etiopia Blokir Akses Internet

Demi menghindari kebocoran soal ujian nasional yang sempat terjadi tahun lalu, pemerintah Etiopia memblokir layanan internet.

Liputan6.com, Etiopia - Demi menghindari adanya kecurangan saat ujian nasional berlangsung, pemerintah Etiopia memblokir layanan internet untuk sementara waktu.

"Pemblokiran ini dilakukan untuk menghindari adanya kebocoran soal ujian seperti yang terjadi pada ujian nasional pada tahun lalu," ujar Staf untuk Departemen Komunikasi Pemerintah Etiopia, Mohammed Seid, seperti dilaporkan BBC, Jumat (2/6/2017).

Sebelumnya pada 2016, pemerintah Etiopia sempat memblokir akses media sosial usai informasi bocoran ujian masuk universitas bocor di internet.

Namun tak disebutkan lebih lanjut apakah ujian nasional ini untuk pelajar atau mahasiswa. Namun, Seid menyebutkan bahwa internet akan bisa diakses kembali setelah ujian berakhir pada 8 Juni 2017.

"Kami hanya ingin murid kami fokus dan tidak terdistraksi apapun agar mereka terbebas dari tekanan psikologis," jelas Seid.

Salah satu pengguna internet di Etiopia juga mencuit tentang pemblokiran internet tersebut di akun Twitter miliknya.  

Penggunaan internet memang tak terbendung lagi. Tak sedikit orang memanfaatkan internet untuk hal-hal negatif, seperti melakukan peretasan (hack) atau penipuan (scam).

Di beberapa negara, pemerintah sempat melakukan pemblokiran karena hal-hal tertentu. Di Indonesia, pemerintah memblokir akses internet ke situs-situs web yang dianggap provokatif dan menyebarkan isu SARA atau pornografi.

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.