Sukses

Samsung dan Apple Masih Merajai Pasar Smartphone

Berdasarkan hasil riset Gartner, Samsung dan Apple memimpin pasar smartphone dengan menguasai 34,4 persen pangsa pasar.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan riset Gartner merilis data penjualan smartphone di seluruh dunia selama kuartal I (Q1) 2017. Hasilnya, Samsung dan Apple masih memimpin pasar dengan menguasai 34,4 persen pangsa pasar.

Dilansir MacRumors, Kamis (25/5/2017), Samsung memimpin penjualan smartphone di dunia dengan 20,7 persen pangsa pasar. Perusahaan asal Korea Selatan (Korsel) itu berhasil menjual 78,6 juta unit kepada konsumen pada Q1 2017.

Apple yang berada di posisi kedua memiliki 13,7 persen pangsa pasar dengan penjualan 51,9 juta unit. Baik Samsung atau Apple, mengalami penurunan pangsa pasar dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Satu tahun lalu, Samsung menguasai 23,3 persen dan Apple 14,8 persen pangsa pasar.

Berdasarkan hasil riset Gartner, Samsung dan Apple memimpin pasar smartphone dengan menguasai 34,4 persen pangsa pasar (Foto: GSM Arena)Menurut Research Director Gartner, Anshul Gupta, Samsung dan Apple sama-sama menghadapi persaingan sengit dari merek asal Tiongkok seperti Huawei, Oppo, dan Vivo. Kombinasi pangsa pasar ketiga perusahaan tersebut sebesar 24 persen, naik 7 persen dari setahun sebelumnya.

Pergeseran ketertarikan konsumen secara positif mempengaruhi manufaktur Tiongkok, seperti Huawei, Oppo, dan Vivo, dengan strategi menjual produk sesuai keinginan konsumen dengan harga terjangkau.

"Ketiga manufaktur top Tiongkok itu mendorong penjualan dengan harga mereka yang kompetitif, serta smartphone kualitas tinggi yang dilengkapi berbagai fitur inovatif. Selain itu, pemasaran yang agresif dan promosi penjualan membantu merek-merek tersebut mengambil bagian dari berbagai merek lain di pasar seperti India, Indonesia, dan Thailand," ungkap Gupta.

Adapun Huawei, berada di posisi tiga besar vendor top. Perusahaan mengantongi 9 persen pangsa pasar dengan total penjualan 34 juta. Total penjualan smartphone dari semua vendor, sepanjang Q1 2017 mencapai 380 juta unit.

Kemudian Oppo berada di posisi keempat dengan 8,1 persen pangsa pasar dan penjualan sebanyak 30,9 juta unit. Vivo menutup posisi lima besar dengan 6,8 persen pangsa pasar dan penjualan 25,8 juta unit smartphone.

Berdasarkan hasil riset Gartner, Samsung dan Apple memimpin pasar smartphone dengan menguasai 34,4 persen pangsa pasar (Foto: GSM Arena)Untuk pasar sistem operasi (OS), Android memimpin dengan 86 persen pangsa pasar, sedangkan iOS 13,7 persen.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini