Google Photos Kedatangan Beragam Fitur Baru

Oleh Agustinus Mario Damar pada 19 Mei 2017, 17:00 WIB
Google Photos

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kehadiran sejumlah fitur anyar yang ditanamkan pada Google Photos saat gelaran Google I/O 2017. Aplikasi yang sudah digunakan oleh 500 juta orang per bulan itu kini kedatangan fitur yang mirip media sosial.

Salah satunya adalah fitur Suggested Sharing. Dikutip dari Tech Crunch, Jumat (19/5/2017), fitur ini mirip dengan fungsi aplikasi Facebook Moments. Jadi, Google Photos akan mengenali wajah dari foto yang diunggah dan mencocokkannya dengan Google Contacts.

Setelahnya, aplikasi ini akan menyarankan untuk berbagi foto itu dengan orang lain berdasarkan kecocokan wajah. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini secara otomatis. Bagi pengguna yang tak memiliki aplikasi, Google Photos akan mengirimkan notifikasi via SMS.

Pengguna juga dapat melihat seluruh aktivitas berbagi dengan orang lain, termasuk daftar kontak yang disarankan Google Photos. Rencananya, fitur ini akan mulai digulirkan untuk Android, iOS, dan web dalam beberapa pekan ke depan.

Fitur lain yang juga diperkenalkan Google adalah Shared Libraries. Melalui fitur ini, pengguna dapat memilih untuk berbagi foto dengan orang-orang terdekat secara otomatis. Pengguna lain yang dibagi juga dapat menyimpan foto tersebut secara otomatis.

Kemudian fitur terakhir yang diperkenalkan pada Google Photos adalah Photo Books. Dengan fitur ini, Google Photos dapat mengidentifikasi foto terbaik pengguna dan menawarkannya untuk dicetak secara fisik dalam bentuk buku foto.

Nantinya, pengguna akan ditawarkan pula sejumlah pilihan untuk ukuran pencetakan album foto tersebut. Google Photos akan memilih 40 terbaik dari seluruh foto yang dimiliki pengguna.

Google Photos juga dipastikan bakal mendapat dukungan dari Google Lens. Tool ini merupakan teknologi teranyar Google yang dilengkapi kecerdasan buatan dan machine learning untuk mendeteksi objek secara cerdas.

CEO Google Sundar Pichai menuturkan Google Lens menciptakan algoritma yang memungkinkan kamera perangkat Android tak hanya membidik apa yang dilihat, tetapi juga menangkap momen apa yang dibidik. Google Lens juga akan dibantu oleh Google Assistant.

(Dam/Why)