4 Kejutan Besar di Hajatan Google I/O 2017

Oleh Jeko Iqbal Reza pada 17 Mei 2017, 14:00 WIB
Google I/O

Liputan6.com, Mountain View - Google I/O 2017 akan diadakan beberapa jam lagi. Hajatan akbar Google yang akan dihadiri developer dan pecinta teknologi dari seluruh dunia ini dihelat di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat pada 17 Mei 2017, pukul 10 pagi waktu setempat.

Lantas, apa saja update terbaru yang akan diumumkan Google pada I/O 2017? Berikut Tekno Liputan6.com rangkum.

1. Android O

Google I/O selalu menjadi momen kelahiran sistem operasi Android terbaru. Dan pada I/O 2017, Google dipastikan akan secara resmi memperkenalkan Android O. Kabarnya, sistem operasi penerus Android Nougat ini akan membawa sejumlah update fitur yang lebih masif.

Beberapa di antaranya sudah ‘bocor’ di versi Developer Preview, seperti personalisasi antarmuka, fitur Notification Channels yang bisa mengurutkan jenis notifikasi yang diinginkan, fitur jendela Picture-In-Picture untuk browser, dukungan multi-display untuk aplikasi individual, dan masih banyak lagi.

Android O. (Doc: PC Gamer)

Ada yang menduga, kepanjangan kode O akan memiliki nama resmi Oreo. Hal tersebut diduga dari posting cuitan VP Android Hiroshi Lockheimer pada Februari 2017. Saat itu, Lockheimer mengunggah GIF dengan gambar Oreo Cake.

Namun tampaknya, Google tidak akan mengumumkan nama resmi Android O di I/O 2017. Mereka diyakini cuma akan mengumumkan fitur andalan terbaru Android O.

1 of 3

Daydream dan Machine Learning

2. Daydream

VR (Virtual Reality) memang menjadi salah satu fokus utama Google dalam mengembangkan inovasi teknologinya dalam beberapa waktu terakhir. Apalagi, saat memperkenalkan Android N pada 2016, Google memboyong platform VR Daydream View pada smartphone Pixel.

Android O bisa jadi memboyong fitur terbaru untuk Daydream. Bahkan, kemungkinan Google akan mengumumkan jenis perangkat keras atau lunak yang bisa diadopsi langsung via Daydream.

3. Machine Learning

Machine Learning adalah salah satu inovasi Google yang paling update. Merujuk pada jadwal Google I/O 2017 yang Tekno Liputan6.com terima, Google juga akan lebih banyak membahas Machine Learning dan IoT (Internet of Things). Dan Google akan menguar seputar TensorFlow, platform Machine Learning-nya di sesi yang sama.

2 of 3

Google Home dan Assistant

4. Google Home dan Google Assistant

Google Home

Google juga akan mengumumkan update terbaru pada asisten virtual, Google Assitant dan perangkat pintar Google Home. Khusus Google Assistant, diyakini akan hadir dengan fitur built-in terbaru, integrasi lebih banyak dengan aplikasi third-party, dan banyak lainnya.

Selain empat (4) poin di atas, Google juga akan mengadakan sejumlah sesi yang akan membahas migrasi dari smartphone Android ke mobile dengan basis sistem operasi Android, hingga fitur-fitur teknologi anyar untuk pengguna di negara-negara berkembang, atau bisa juga disebut “Next Billion Users”.

Nantinya, beberapa topik utama seperti Android O, Google Home dan Google Assistant akan diadakan dalam bentuk sesi keynotes yang langsung dibawakan oleh CEO Google Sundar Pichai, sedangkan beberapa sesi akan hadir dalam bentuk workshop dan sesi Codelab. Google pun akan mengemas sesi experience para pengunjung dalam sebuah wahana yang disebut Sandbox.

Google I/O 2017 yang juga disebut sebagai “Outdoor Developer Festival” ini akan dikunjungi lebih dari 7.000 developer dan 400 media dari berbagai belahan dunia, termasuk Tekno Liputan6.com. Jika kamu tertarik dan penasaran apa saja yang akan diungkap Google di I/O 2017, terus simak update eksklusif Google I/O 2017 dari kami.

(Jek/Ysl)

Lanjutkan Membaca ↓