Sukses

Jadi Google Doodle Hari Ini, Apa Itu Mekanisme Antikythera?

Raksasa mesin pencari Google hari ini, Rabu(17/5/2017), menghiasi tampilan laman utamanya dengan doodle mekanisme Antikythera.

Liputan6.com, Jakarta - Raksasa mesin pencari Google hari ini, Rabu(17/5/2017), menghiasi tampilan laman utamanya dengan doodle yang memperingati penemuan mekanisme Antikythera yang ke-115.

Apa itu mekanisme Antikythera? Diketahui, mekanisme Antikythera merupakan mekanisme kompleks yang diyakini telah dirancang dan dibuat oleh para ilmuwan Yunani sekitar tahun 87 sebelum masehi atau bahkan lebih awal.

Tidak diketahui secara jelas asal-usul mekanisme ini. Hanya saja mekanisme Antikythera ini ditemukan di sebuah kapal karam di Laut Aegean sebelah selatan Pulau Yunani pada tahun 1901.

Saat itu, seorang arkeolog Yunani bernama Valerios Stais, mendapati benda yang aneh di antara patung marmer, perhiasan, dan koin yang berhasil diangkat dari kapal karam.

Setelah diselidiki lebih lanjut, benda yang awalnya diduga hanya sebuah roda gigi biasa ternyata menjadi cikal bakal komputer analog pertama di dunia.

Terbungkus di sebuah kotak kayu dan perunggu seukuran kotak sepatu, mekanisme ini digunakan melacak posisi astronomi dan ilmu perbintangan lainnya. Demikian yang dikutip dari laman CNET, Rabu (17/5/2017).

Hingga kini, banyak ilmuwan dan sejarahwan di seluruh dunia masih berusaha mengungkap misteri mekanisme Antikythera sebenarnya dan siapa yang membuatnya.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.