Sukses

Penjualan Lesu, Pasar Tablet Kian Tergerus

Penjualan tablet di kuartal pertama 2017 hanya mencapai angka 36,2 juta unit.

Liputan6.com, California - Penjualan perangkat tablet diprediksi terus melemah. Jika penurunan bersifat konsisten, pasar tablet dipastikan akan kian tergerus.

Berdasarkan laporan terbaru dari perusahaan riset International Data Corporation (IDC), penjualan tablet global hanya mampu menyentuh angka 36,2 juta unit pada kuartal pertama 2017.

Setelah dikalkulasikan, jumlah penurunan berkisar sebanyak 8,5 persen dari tahun ke tahun. Demikian dikutip Business Insider pada Selasa (9/5/2017).

Lembaga riset Statista juga menunjukkan, fenomena tersebut adalah penurunan paling rendah sejak kuartal ketiga 2012.

IDC menilai, lemahnya penjualan tablet disinyalir akibat fungsionalitas dari tablet itu sendiri.

Apalagi, kini sudah banyak hadir smartphone berlayar besar dan laptop layar sentuh. Persaingan perangkat ini, jelas membunuh eksistensi perangkat tablet secara perlahan.

Penjualan tablet tertinggi, mirisnya hanya terjadi pada kuartal pertama 2014. Kala itu, penjualan nyaris menyentuh angka 80 juta unit. Namun setelahnya, penjualan langsung menurun hingga 50 juta unit di kuartal kedua 2014.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.