Sukses

Samsung Akan Uji Coba Mobil Otonomos di Korea Selatan?

Samsung tak akan menggarap kendaraannya sendiri, tetapi lebih tertarik mengembangkan sensor-sensor dan modul komputer untuk mobil itu.

Liputan6.com, Jakarta - Selain smartphone, perusahaan asal Korea Selatan Samsung juga menggarap sejumlah peralatan rumah tangga, seperti lemari es, mesin cuci, televisi, hingga komputer. Siapa sangka, perusahaan yang baru meluncurkan Galaxy S8 di Indonesia ini juga tertarik mengembangkan teknologi mobil tanpa sopir alias otonomos.

Mengutip laporan yang dimuat Ubergizmo, Kamis (4/5/2017), tampaknya Samsung telah mendapatkan lampu hijau untuk mulai melakukan uji coba terhadap kendaraan otonomos di Korea Selatan.

Laporan tersebut mengklaim Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korea Selatan telah menyetujui sebuah tes terhadap mobil otonomos milik Samsung yang saat ini masih dalam proses pengembangan. Meski begitu, Samsung tak akan menggarap kendaraannya sendiri. Samsung lebih tertarik mengembangkan sensor-sensor dan modul komputer untuk membuat sebuah mobil dapat melaju tanpa pengemudi.

Tak hanya itu, Samsung dilaporkan mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dan teknologi deep learning untuk meningkatkan kemampuan mobil otonomos, terutama berkaitan dengan kondisi cuaca ekstrem.

Selain Samsung, sejauh ini Apple juga sedang melakukan pengujian teknologi otonomos di California, AS. Seperti Samsung, pembesut komputer dan smartphone itu juga dilaporkan mengembangkan serangkaian teknologi yang mendukung mobil berjalan tanpa pengemudi.

Sayang, tak ada konfirmasi resmi dari Samsung terkait teknologi otonomos yang diduga sedang dikembangkannya.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.