Sukses

Salah Pencet Tombol Bikin iPhone Hang?

Bug itu terdapat di beberapa tombol, yang jika ditekan sekaligus, bakal membuat iPhone hang.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pengguna Apple mengklaim telah menemukan bug yang membuat iPhone berhenti bekerja. Bug itu terdapat di beberapa tombol, yang jika ditekan sekaligus, bakal membuat iPhone hang alias tak bisa dioperasikan.

Mengutip Daily Mail, Kamis (4/5/2017), setelah tak bisa dioperasikan sementara waktu, beberapa menit kemudian iPhone itu bisa dipakai lagi. Kalau tak ingin menunggu, pengguna juga bisa melakukan reset untuk membuatnya kembali seperti semula.

Disebutkan, hal ini terjadi karena pengguna menekan tombol yang diakses dari menu Control Center. Jika pengguna menekan tiga tombol apa saja, layar langsung tak bisa digerakkan sesuai perintah. Tak jelas apa penyebab pasti masalah ini, tetapi diduga menekan beberapa tombol sekaligus membebani kinerja software iPhone.

Uniknya bug akibat salah pencet ini hanya terjadi di perangkat yang menggunakan iOS 10, termasuk iOS 10.3.2 beta. Salah seorang pengguna Reddit dengan akun PowerMac_G4 menjajalnya pada iPhone SE iOS versi 10.3.1 dan iPad Air, dan hasilnya kedua perangkat itu langsung hang.

Bugs di tersembunyi di tiga tombol iPhone (Sumber: The Sun)

The Sun mencatat, kehadiran bug ini pastinya akan merugikan Apple. Apalagi tahun ini raksasa teknologi AS itu bakal meluncurkan gadget terbarunya sebagai peringatan 10 tahun iPhone. Oleh karenanya, Apple diharapkan isa bekerja keras mengatasi masalah ini.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya pengguna iPhone dibuat was-was oleh adanya bug. Pada Desember 2016, sebuah bug ditemukan pada iOS Apple dan membuat aplikasi iMessage mengalami crash setelah menerima sebuah pesan. Rupanya, dalam pesan tersebut terdapat sebuah file vCard berkapasitas besar. vCard merupakan sebuah kartu virtual yang memungkinkan pengguna saling mengirimkan kontak melalui ponsel.Bugs di tersembunyi di tiga tombol iPhone (Sumber: The Sun)

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.