Sukses

Ketika Steve Jobs Ungkap 'Pesaing' iPhone Generasi Pertama

Salah satu punggawa Apple Inc, Steve Jobs mengungkap ponsel yang menjadi pesaing iPhone generasi pertama.

Liputan6.com, Jakarta - iPhone kini mendunia dan menjelma menjadi sebuah perangkat yang tak lepas dari gaya hidup manusia. Generasi pertama (1st gen) iPhone dirilis pada 29 June 2007, kira-kira sudah hampir 10 tahun yang lalu. Tahukah Anda siapa ponsel pesaing iPhone kala itu?

Ponsel itu tak lain adalah Motorola Q. Seperti diberitakan Phone Arena, Senin (1/5/2017), Steve Jobs saat itu sedang memaparkan misinya mengubah pasar smartphone dengan iPhone pada 9 Januari 2007 di sebuah konferensi. 

Steve Jobs menunjuk layar yang menampilkan sejumlah smartphone yang disebutnya "The Usual Suspects". Ia pun menunjuk Motorola Q yang dinilainya 'biasa' karena desain Q mirip dengan smartphone kebanyakan saat itu. Misalnya, layar persegi dan tidak memiliki fitur sentuh, keyboard QWERTY, dan kamera belakang.

Sekadar diketahui, Motorola Q diluncurkan pada 26 Juli 2005. Ponsel ini hadir dengan resolusi layar 320 x 240 piksel, sistem operasi Windows Mobile Standard 5.0, baterai 1.130mAh, memori internal 64MB, slot microSD, dan kamera belakang 1,3MP.

Steve Jobs saat menunjuk Motorola Q. (Doc: Phone Arena)

Sementara iPhone generasi pertama saat itu dibekali dengan koneks 2G, layar 3,5 inci beresolusi 320 x 480 piksel, baterai 1.400mAh, memori internal 128MB, dan kamera belakang beresolusi 2MP.

Bagi Jobs, peluncuran iPhone saat itu diharapkan dapat mengambil alih pasar smartphone dengan fitur layar sentuhnya. 

Kendati demikian, diketahui bahwa Motorola sebetulnya tidak ingin bersaing dengan iPhone kala itu. Jika dilihat seksama, desain Motorola Q lebih mirip dengan BlackBerry. Motorola memang ingin menggeser BlackBerry yang populer berkat fitur keyboard QWERTY-nya tersebut.

(Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini