Sukses

TravelMate, Koper Robot yang Bisa Bergerak Sendiri

Sebuah startup menggarap 'koper robot' yang dapat dikendalikan melalui smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Koper merupakan salah satu hal yang wajib dibawa ketika bepergian jauh naik pesawat ke luar kota atau luar negeri. Bagi sebagian orang, mendorong atau menarik koper sejak turun dari mobil, di bandara, hingga ke lokasi tujuan, dirasa sebagai pekerjaan 'berat'.

Namun berkat kemajuan teknologi, hal ini akan terasa jauh lebih 'ringan'. Sebuah startup menggarap 'koper robot' yang dapat dikendalikan melalui smartphone.

Bahkan, startup tersebut sudah melakukan kampanye urun dana di Indigogo per Rabu (26/4/2017) 16.30 WIB mengantongi US$ 275762 atau sekitar Rp 3,6 miliar. Angka ini 1637 persen melampaui target yang ditetapkan.

Lantas, apa yang membuat koper bernama TravelMate ini menarik dan berbeda dari koper konvensional lainnya? Pertama, TravelMate betul-betul bersifat otonomos. Maksudnya, koper ini mampu mengikuti pemiliknya ke mana pun ia berjalan.

Bahkan, di keramaian sekalipun, koper ini tetap mampu mengenali si pemilik tanpa pemasangan periferal tambahan lainnya. Selain itu, fitur Follow Me di koper ini merupakan sebuah inovasi yang memanfaatkan sensor untuk mendeteksi berbagai rintangan di depannya entah itu benda-benda ataupun orang.

Selanjutnya, TravelMate dapat bergerak baik secara vertikal maupun horizontal. Ketika bergerak secara horizontal, pengguna dapat menyimpan sesuatu di atasnya untuk dibawa. Penggunaan omni wheel juga memungkinkan koper ini bergerak ke berbagai arah, yang tidak bisa dilakukan koper biasa.

Baterai koper ini diklaim mampu bertahan selama empat jam jika difungsikan dalam modus otonomos penuh dan seratus jam dalam keadaan standby. Pengguna juga dapat mengisi daya hampir semua jenis perangkat elektronik melalui sebuah USB port yang tersedia di koper tersebut.

Bagi mereka yang suka bepergian ke Amerika Serikat, koper ini sudah menyeleraskan diri dengan aturan TSA (Transportation Security Administration). Tak ketinggalan, GPS juga sudah disertakan di koper ini. Soal harga, TravelMate dibanderol mulai US$ 399 atau sekitar Rp 5,2 jutaan untuk ukuran S.

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.