Sukses

VisualTV Rilis TV Digital untuk Generasi Milenial

Startup televisi online VisualTV bermaksud menghadirkan bergaram konten berita untuk generasi milenial yang senang menggunakan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Generasi milenial kini jadi kelompok yang paling akrab dengan teknologi mobile. Mereka bahkan tak bisa lepas dari kehadiran smartphone yang mendukung kehidupan sehari-hari, termasuk menonton video berita atau hiburan lainnya.

Tingginya angka generasi milenial menginspirasi hadirnya sebuah startup TV online bernama VisualTV. Startup yang dibangun oleh sekumpulan orang yang lama berkecimpung di industri media cetak, online, dan televisi berupaya untuk mengubah cara menikmati sajian televisi melalui smartphone.

Pemimpin Redaksi VisualTV Gatot Widakdo dalam peluncuran VisualTV mengatakan, kehadiran televisi online seiring dengan perkembangan media dari masa ke masa. Sebelumnya, media hanya berupa radio, media cetak, dan televisi.

Namun, kehadiran internet dan beragam perangkat teknologi, media online dan digital perlahan menjadi tren baru. Apalagi, kini media-media tersebut dapat diakses secara mobile.

"Saat ini, 75 persen trafik data adalah video dan VisualTV menyasar generasi milenial yang aktif dengan smartphone," kata Gatot saat merilis VisualTV di D.Labs, Jakarta, Selasa (25/4/2017).

Menimbang hal di atas, Gatot menilai bahwa media memiliki tantangan tersendiri, yakni memberikan tayangan yang aktual namun juga menarik.

Pria yang memiliki pengalaman 15 tahun di industri media cetak ini mengatakan, untuk menghadirkan konten berita video menarik, VisualTV menyajikan berbagai informasi bertema kesehatan, inovasi, internasional, olahraga, kriminal, politik hingga hiburan.

Ke depannya, kata Gatot,  VisualTV juga akan menyajikan citizen journalistic yang memungkinkan masyarakat mengirimkan video yang sifatnya ekslusif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tiga Saluran

Untuk memudahkan masyarakat menikmati konten berita, VisualTV akan menyajikan informasi dan hiburan konten video melalui tiga saluran yakni website (visualtv.live), aplikasi baik untuk smartphone iOS dan Android, serta video online di laman berbagi video YouTube.

Kehadiran VisualTV pun didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Perkembangan teknologi dan demand membuat media beralih ke digital, sehingga kebanyakan orang kini menikmati konten melalui smartphone," kata Hari Santosa Sungkari, Deputi Infrastruktur Bekraf.

Pemred VisualTV Gatot Widakdo (kiri) bersama Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dan Staf Menkominfo Gun Gun Siswadi (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Ia menuturkan, Bekraf berupaya mengawal konten positif dan penuh kreativitas, terlebih kini pengguna internet Indonesia lebih dari 132 juta orang.

Oleh karena itu, VisualTV diharapkan tidak hanya menghadirkan konten berita tetapi juga inovasi bangsa sehingga membuat generasi milenial lebih kreatif.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Menkominfo Gun Gun Siswadi mengatakan, seiring dengan komitmen Kemkominfo membangun infrastruktur ke seluruh pelosok negeri, TV online diharapkan untuk menghadirkan konten-konten mencerahkan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat, termasuk di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini