Sukses

Zaman Sekarang, Lebih Baik Putus Cinta daripada Smartphone Hilang

Kaspersky menguar terkait masalah terberat masyarakat modern, salah satunya adalah lebih baik putus cinta ketimbang kehilangan smartphone.

Liputan6.com, Jakarta - Pada zaman dulu, putus cinta jadi salah satu masalah paling berat di kehidupan. Namun, di era perkembangan teknologi dan pesatnya penetrasi internet seperti sekarang, masalah yang paling bikin galau nyatanya bukan lagi diputuskan sang kekasih, melainkan kehilangan smartphone kesayangan.

Fenomena ini tertuang dalam laporan perusahaan keamanan cyber, Kaspersky Lab, yang meneliti masalah terberat apa yang membebani masyarakat modern untuk sekarang ini.

Survei mengungkap, kehilangan smartphone beserta foto-foto yang disimpan di dalamnya lebih menyedihkan dibanding perasaan saat putus cinta.

Kaspersky melakukan survei secara online ke 17 negara, termasuk Indonesia. Survei dilakukan ke lebih dari 16.000 responden berusia di atas 16 tahun dengan proporsi seimbang antara pria dan wanita.

“Studi menunjukkan masyarakat modern menilai perangkat elektronik dan foto di dalamnya lebih berharga ketimbang pasangan, teman, atau hewan peliharaan," tulis laporan penelitan Kaspersky, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan resmi tertulisnya, Selasa (25/4/2017).

Selain itu, foto-foto yang tersimpan secara digital juga menjadi aset terpenting bagi penggunanya. Bahkan, menurut eksperimen dari University of Wuerzburg, masyarakat modern rela menjual fotonya.

Pada survei ini juga, Kaspersky meminta koresponden mengungkap harga bagi foto-foto yang disimpan di smartphone. Kebanyakan foto itu adalah foto keluarga, teman, dan juga foto pemandangan saat berlibur.

Anehnya, banderol foto yang dijual tidak begitu tinggi. Padahal, mereka mengklaim kehilangan foto-foto menjadi momok besar yang mengakibatkan kesedihan.

Adapun harga foto dilego sebesar 10,37 euro atau setara dengan Rp 150.000, sedangkan kontak di smartphone ternyata juga dijual dengan harga sekitar 11,89 euro atau Rp 170.000.

Selain smartphone dan foto, di bawah ini daftar 10 masalah besar yang membebani kehidupan masyarakat modern:

1. Anggota keluarga yang sakit atau meninggal dunia
2. Perangkat elektronik (smartphone, tablet, komputer) hilang atau dicuri
3. Foto digital yang tak di-back-up hilang
4. Putus cinta
5. Akun media sosial di-hack
6. Kehilangan kontak di smartphone yang tak di-back-up
7. Bertengkar dengan teman, pasangan, atau anggota keluarga
8. Kecelakaan mobil
9. Suasana buruk di tempat kerja
10. Hewan peliharaan sakit atau meninggal dunia

(Jek/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.