Sukses

Apple Bakal Luncurkan Satelit untuk Sebar Koneksi Internet?

Apple dikabarkan berencana mengikuti jejak Facebook dan Google untuk meluncurkan layanan internet sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Apple dikabarkan berencana mengikuti jejak Facebook dan Google untuk meluncurkan layanan internet sendiri. Perusahaan pembesut iPhone dan iPad itu dilaporkan bakal memakai satelit untuk memuluskan rencananya.

Menurut laporan Bloomberg, Apple bahkan telah merekrut dua petinggi Google yang berperan dalam pengembangan satelit. Kedua petinggi yang 'dibajak' adalah John Fenwick dan Michael Treja.

Dikuitp dari Business Insider, Senin (24/4/2017), Apple sudah menyiapkan tim khusus yang dikomandoi Greg Duffy, pendiri Dropcam. Nantinya, tim yang dibangun untuk proyek khusus itu akan dioperasikan layaknya startup.

Isu mengenai rencana pengoperasian satelit oleh Apple juga didukung laporan sebelumnya yang menyebut Apple telah mengakuisisi perusahaan di bidang teknologi udara pada 2015. Selain itu, Apple disebut-sebut akan mendukung rencana Boeing untuk meluncurkan 100 satelit penyedia layanan internet.

Sebagai informasi, Facebook dan Google merupakan perusahaan yang dikenal telah mulai mengembangkan penyebaran layanan internet tersendiri. Kedua perusahan itu juga mulai uji coba terbuka di beberapa wilayah dengan beberapa metode.

Terbaru, media sosial itu tengah melakukan uji coba dengan memanfaatkan helikopter nirawak untuk memancarkan internet. Sebelumnya, dilakukan pula uji coba pesawat nirawak bernama Aquila yang menghubungkan akses internet ke daerah terpencil. 

Google pun tak berbeda jauh. Raksasa internet itu memiliki proyek serupa yang kini ditangani divisi X dari Alphabet, untuk menyediakan jaringan internet memanfaatkan balon udara. 

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.