Layar Galaxy S8 Berubah jadi Kemerahan, Kenapa?

Oleh Agustin Setyo Wardani pada 21 Apr 2017, 08:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah foto Galaxy S8 dan Galaxy S8 menunjukkan layar ponsel premium Samsung itu mudah berubah jadi kemerahan.

Hal ini menjadi viral pada 17 April lalu, yakni saat duo Galaxy S8 itu mendarat di negara asalnya, Korea Selatan. Beberapa pengguna mengunggah sejumlah gambar layar Galaxy S8 yang menjadi kemerahan di laman media sosial.

Terkait dengan hal ini, Samsung telah mengeluarkan pernyataan resmi. Perusahaan Korea Selatan itu menyebutkan bahwa hal ini tidak desebabkan karena masalah kualitas perangkat. Samsung menyebut, layar yang berubah jadi kemerahan itu dapat diperbaiki oleh pengguna.

Mengutip laporan Gizmochina, Jumat (21/4/2017), Samsung mengungkapkan cara untuk memperbaiki layar yang berwarna kemerahan itu dengan cara menavigasikan pengaturan optimisasi warna untuk layar.

Selain itu, jika warna kemerahan pada layar tak bisa diperbaiki, pengguna diharapkan datang ke layanan pelanggan untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Lantaran Samsung telah menjelaskan cara memperbaiki masalah ini, layar yang berwarna kemerahan pada Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus ini tampaknya bukanlah hal besar. 

Namun, spekulasi beredar menyebut layar kemerahan ini adalah cacat produksi karena menggunakan salah satu chip dan mengakibatkan kegagalan graphic processing unit (GPU). Ada pula yang menyebut rasio aspek 18,5:9 yang ada pada duo Galaxy S8 menyebabkan masalah stabilitas pada layar.

Raymond Soneria dari DisplayMate menyebut, masalah layar kemerahan pada Galaxy S8 bisa saja terjadi karena miskalibrasi dan hal ini bisa diperbaiki melalui pada pengaturan ponsel. Ia menambahkan, kedua Galaxy S8 miliknya berhasil dikalibrasi dengan benar sehingga tak ada masalah kemerahan pada layarnya.

(Tin/Cas)