Sukses

Pria Ini Rakit iPhone 6s Sendiri Pakai Komponen dari Tiongkok

Seorang pria bernama Scotty Allen merakit iPhone 6s dari komponen-komponen yang dijual di Shenzen, Tiongkok. Bagaimana caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, media mendapatkan petunjuk mengenai fitur iPhone yang segera dirilis berdasarkan bocoran foto komponen yang diunggah pemasok komponen iPhone.

Tak cuma kepada Apple, beberapa pemasok juga menjual komponen secara bebas. Artiinya, siapa pun bisa merakit iPhone sendiri. Seperti yang dilakukan oleh Scotty Allen yang mengunggah caranya merakit iPhone 6s dalam Strange Parts.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Jumat (14/4/2017), Allen mengatakan, dirinya sangat terpesona dengan pasar komponen smartphone di Shenzhen, Tiongkok.

"Saya berjalan melewati mereka beberapa kali, tetapi saya masih belum mengerti bagaimana pasar ini begitu terorganisir, di mana mereka membeli semua komponen ini, serta apa yang akan dilakukan terhadap komponen-komponen ponsel ini," tanyanya.

Allen pun mendapat informasi dari sebagian penjual komponen bahwa ia bisa membuat smartphone sendiri dengan komponen-komponen yang ada di pasar tersebut.

"Saya langsung sepakat untuk membuat sebuah smartphone dan mencari tahu, bagaimana semuanya bekerja di dalam ekosistem ini," kata dia.

Selanjutnya, Allen mulai mencari komponen utama untuk ponsel, misalnya saja papan sirkuit, layar, baterai, kasing belakang dan segala yang diperlukan hanya di satu tempat, yakni pasar Shenzhen.

Proses perakitan iPhone 6s (Sumber: YouTube/ Strange Parts)

Setelah komponen yang diperlukan terkumpul, ia memulai upaya merakit iPhone, tetapi perjalanannya membuat iPhone tak begitu mulus. Gara-gara kesulitan saat menyolder papan sirkuitnya sendiri, ia lalu membeli papan sirkuit yang sudah didaur ulang,

Allen memperkirakan ia telah menghabiskan lebih dari US$ 1.000 atau sekitar Rp 13,2 juta untuk semua itu. Rupanya, ia membeli banyak komponen yang tak dibutuhkan. Namun sebenarnya ongkos komponen yang benar-benar dipakainya hanya sekitar US$ 300 atau sekitar Rp 3,9 jutaan. 

Sebuah iPhone 6s berhasil dirakit oleh Scotty Allen (Sumber: YouTube/ Strange Parts)

Setelah berhasil merakit sebuah iPhone 6s, ia menilai perakitan smartphone lebih hemat dibandingkan dengan membeli iPhone secara resmi.

Meski begitu, tak disebutkan apakah waktu pembuatan dan segala usaha yang dilakukan sepadan dengan penghematan dalam merakit sebuah iPhone 6s.

(Tin/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.