Sukses

Xiaomi Akan Hadirkan Fitur Tahan Air pada Mi 6?

Setelah dual kamera dan prosesor Snapdragon 835, Xiaomi dikabarkan bakal menghadirkan fitur ketahanan air pada Mi 6. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sejak beberapa minggu terakhir, kabar bocoran mengenai Xiaomi Mi 6 bertebaran di internet. Selain kabar tentang dukungan kamera ganda dan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 untuk Mi 6, kini satu bocoran lagi beredar di internet.

Kali ini, lewat sebuah foto SIM tray Mi 6 yang dibandingkan dengan SIM tray Mi 5, terkuak bahwa perusahaan Tiongkok itu bakal menghadirkan fitur yang belum ada pada ponsel Xiaomi.

Seperti Tekno Liputan6.com kutip dari Gizmochina, Rabu (29/3/2017), jika kedua SIM tray dibandingkan, SIM tray milik Mi 6 lebih tebal dengan fitur ketahanan terhadap air. Sementara, pada SIM tray Mi 5 memang tidak bersifat tahan air.

Dengan kemunculan SIM card tray yang mengusung fitur ketahanan terhadap air, hanya satu hal yang bisa disimpulkan, yakni Mi 6 akan hadir dengan fitur tahan air.

Kemungkinan, SIM tray yang dibuat tahan terhadap air karena Xiaomi akan menghadirkan sertifikat IP67 yang mampu melindungi ponsel dari air dan debu dalam kondisi dan waktu tertentu.

Selain perlindungan dari air, foto SIM card tray yang beredar juga memperlihatkan Mi 6 bisa mendukung dual SIM card, sama seperti pendahulunya, Mi 5.

SIM card tray Mi 6 yang tebal dan terlindung dari air mengisyaratkan Mi 6 bakal hadir dengan fitur tahan air ?(Sumber: Gizmochina)

Bukan hanya waterproof, rumor yang menyebut bahwa Mi 6 tak akan dilengkapi dengan audio jack 3,5 mm juga tampaknya segera terbukti. Gizmochina dalam laporannya memajang sebuah gambar Bluetooth headphone X milik Xiaomi yang mungkin saja berfungsi untuk Mi 6.

Bluetooth headphone Xiaomi mengindikasikan Mi 6 tak hadir dengan audio jack 3,5mm? (Sumber: Gizmochina)

Sayangnya, kebenaran rumor ini belum bisa dipastikan, sebab belum terlihat bocoran gambar yang menunjukkan slot USB tipe C milik Mi 6 yang akan mendukung fitur ketahanan terhadap air.

Juli lalu, Xiaomi mengemukakan alasan tak hadirnya fitur ketahanan terhadap air pada smartphone-nya. CEO Xiaomi Lei Jun sebagaimana dikutip Android Authority menyebutkan, jika Xiaomi meluncurkan smartphone yang punya kemampuan tahan air, harganya bakal meningkat 20-30 persen dibandingkan dengan smartphone yang sama tanpa fitur tahan air.

Alasan lainnya, kehadiran ponsel yang tahan air harus dibarengi dengan kepastian bahwa perangkat tak akan rusak atau terganggu jika terkena air. Itulah sebabnya Xiaomi selama ini belum menghadirkan fitur waterproofing seperti Samsung atau Sony.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.