Sukses

Kemkominfo Tegaskan Pentingnya Pengaturan Transportasi Online

Kemkominfo menilai bahwa pengaturan mengenai transportasi online penting untuk menghindari adanya gejolak di antara warga negara.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sedang gencar melakukan sosialisasi mengenai Permenhub No 32 Tahun 2016 mengenai transportasi online.

Rencananya, peraturan yang mengatur segala hal berkaitan dengan angkutan berbasis online ini bakal diterapkan mulai 1 April 2017. Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Kemenhub, Kemenkominfo, dan Pemda giat melakukan sosialisasi pada seluruh elemen yang terkait.

Melalui Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan, Kemkominfo mengaku akan siap membantu setiap sektor usaha untuk bertransformasi ke dunia digital, termasuk transportasi online.

“Sekarang waktunya bertransformasi. Untuk aplikasi tansportasi online tentu harus bicara dengan pengaturan sektor transportasi dan dengan Pemda yang menangani di lapangan," katanya dalam Forum Rembug dan Sosialisasi tentang Pengaturan Tansportasi Online di Balai Kota Bogor, sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari keterangan pers Kemkominfo, Senin (27/3/2017).

Ia menyebut, agar transformasi berjalan dengan lacar dan tak ada gejolak, diperlukan adanya peraturan.

“Ada suatu keniscayaan bahwa teknologi akan membantu kita melakukan kegiatan lebih baik. Namanya transformasi diperlukan peraturan supaya dalam transformasi ini tidak terjadi gesekan karena semua warga negara, semua mencari rejeki,” ujarnya.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pun menyebut, pihaknya akan menerima aspirasi masyarakat yang ada di berbagai daerah mengenai hal transportasi online.

Menurut Bima, Pemerintah Kota Bogor dan Pemerintah Kabupaten Bogor tengah mengusahakan adanya aturan yang lebih detail tentang transportasi online. Kedua daerah pun sepakat merumuskan aturan yang lebih detail. Semuanya, kata Bima, agar terbangun situasi kondusif di lapangan.

Inisiatif itu dilakukan agar setiap kebijakan pemerintah dapat memiliki dampak baik bagi masyarakat. “Aturan hanya akan bisa berjalan dengan keinginan dan niat baik kita semua untuk menjaga kebersamaan," kata Bima.

(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.