Sukses

Quiz Matematika, Gim Berhitung yang Digarap Anak SD 10 Tahun

Gim mobile bertemakan edukasi ini menawarkan gameplay berhitung dengan mudah dan menyenangkan.

Liputan6.com, Jakarta - Gim mobile bertemakan edukasi kini sudah banyak hadir di App Store atau Google Play Store. Menariknya, ada satu gim mobile edukasi terbaru yang patut dilirik. Gim tersebut adalah Quiz Matematika. Menariknya, Quiz Matematika dibesut oleh anak SD berusia 10 tahun.

Adalah Muhammad Hafizh Bayhaqi, anak berusia 10 tahun yang menjadi kreator Quiz Matematika. Berdasarkan keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com terima, gim buatannya ini secara umum akan mendikte kemampuan pemain saat berhitung.

Secara gameplay, Quiz Matematika mengusung genre quiz and trivia education yang sangat mudah dan sederhana. Untuk mengunduhnya pun, tidak membutuhkan kuota memori yang begitu besar di smartphone.

Sesuai dengan namanya, Quiz Matematika menghadirkan kuis hitung-hitungan dasar seperti penambahan, pengurangan, pengalian dan pembagian.

Desain dan tampilan antarmuka (User Interface/UI) Quiz Matematika juga tergolong simpel, jadi tidak menyulitkan pemain yang notabene kebanyakan berasal dari kalangan anak-anak SD.


Sekadar informasi, gim menawarkan 3 tingkat kesulitan, mulai dari mudah, sedang hingga jenius.

Jika kamu memilih level mudah, soal yang ditawarkan seperti hitung-hitungan dasar, seperti 3 kali 7, 45 dibagi 7, dan masih banyak lagi. Level sedang dan jenius akan menghadirkan soal dengan tingkat kesulitan yang lebih rumit.

Saat berhitung, pemain juga harus berpacu dengan waktu. Jika jawaban salah, waktunya akan terus berkurang. Saat berhitung, pemain juga akan disuguhkan lagu anak-anak dengan judul "Pergi Belajar".

Abdul Hakim Budiman, ayah dari Hafizh, mengatakan bahwa gim ini benar-benar aman dan mudah dimainkan oleh anak-anak. Bahkan, Quiz Matematika bisa diunduh secara cuma-cuma dan tidak memiliki fitur In-App Purchase.

"Konten gim ini tidak ada Iklan dan gratis diunduh, sehingga aman untuk anak-anak," pungkasnya.

(Jek/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.