Sukses

Tips Bikin Ngebut Smartphone Android yang Lemot Saat Main Gim

Berikut enam cara mudah untuk memaksimalkan smartphone Android ketika 'lemot' saat bermain gim mobile.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone Android memang jadi perangkat yang asyik, khususnya bagi kamu yang kerap main berbagai jenis gim mobile. Sebutlah gim yang memiliki konten gimplay yang sangat ringan hingga konten dengan gameplay yang cukup berat, semuanya beragam dan tersedia untuk diunduh di Google Play Store.

Nah, pernahkah kamu mengalami kejadian di mana gim yang dimainkan menjadi lambat dan bahkan sempat lagging?

Mungkin ini salah satu dari berbagai macam keluhan pengguna perangkat Android ketika menggunakan aplikasi yang terdapat di perangkat robot hijau tersebut, terlebih ketika bermain gim.

Tentu, semua orang menginginkan pengalaman bermain yang sempurna tanpa adanya gangguan lagging yang menggangu aktivitas permainan.

Kal ini, tim Tekno Liputan6.com akan mengajak kamu menyimak tips-tips berikut ini agar bisa bermain gim dengan lancar. Merangkum informasi berbagai sumber, berikut 6 cara bikin ngebut smartphone Android yang lemot saat bermain gim.

1. Pastikan baterai di atas 20 persen

Kamu mungkin tidak akan merasakan gim yang dimainkan jadi lambat atau lagging kalau baterai Android kamu dicas secara baik, dalam hal ini kondisi baterai ada di atas 20 persen.

Baterai yang 'terhisap' dan kondisinya di bawah 20 persen, ternyata dapat menyebabkan prosesor di perangkat Android tidak bekerja dengan baik, terlebih ketika kamu membuka aplikasi dan bermain gim.

Apalagi ketika kamu bermain gim dengan kualitas grafik HD yang baik, seperti Mortal Kombat X, Injustice: Gods Among Us, dan Asphalt 8 Airborne, otomatis alur permainan akan melambat ketika kamu bermain gim tersebut dengan kondisi baterai lemah.

Setidaknya, pastikan baterai Android kamu berada di kondisi 50 persen untuk menunjang kondisi permainan yang normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hindari Aplikasi yang Running dan Hapus Junk Files

2. Hindari aplikasi yang berjalan ketika bermain gim

Ketika sedang membuka gim, pastikan kamu menutup aplikasi lain yang sedang berjalan. Jangan me-minimize aplikasi yang sedang dibuka dan langsung membuka aplikasi lain, apalagi untuk bermain gim.

Meskipun perangkat Android kamu memiliki RAM yang cukup, tetap lakukan cara ini agar kamu mendapatkan pengalaman bermain yang lancar.

3. Hapus junk files

Hapuslah beberapa file yang tidak penting seperti junk files dan cache, sehingga perangkat kamu bisa bekerja secara optimal untuk memperlancar gim yang kamu mainkan.

Kamu bisa memakai aplikasi Clean Master untuk membersihkan junk files dan cache untuk 'membersihkan' perangkat Android kamu.

3 dari 4 halaman

Uninstall Aplikasi dan Tingkatkan RAM

4. Uninstall beberapa aplikasi 

Uninstall aplikasi yang menurut kamu jarang dipergunakan di perangkat Android, karena jika kamu memiliki banyak aplikasi yang jarang dibuka dan membiarkan mereka bertengger, otomatis akan menambah beberapa junk files dan cache di perangkat.

5. Tingkatkan RAM sebelum mulai bermain gim

Menutup semua aplikasi yang berjalan sebelum bermain gim akan meningkatkan RAM perangkat dapat bekerja secara optimal, sehingga kamu bisa memainkan gim HD tanpa adanya lag.

Aplikasi Clean Master bisa membuat perangkat kamu bekerja dengan baik. Mengutip laman Tech In Buzz, Clean Master mempunyai fitur gim booster yang bisa meningkatkan RAM perangkat kamu.

4 dari 4 halaman

Update Gim

6. Pastikan selalu main gim ter-update

Pastinya, kamu tidak harus menyalahkan perangkat Android kamu ketika beberapa cara telah dilakukan, namun gim yang dimainkan masih terasa lambat. Cobalah cek gim yang ter-install di Android kamu, apakah sudah memiliki update terbaru atau belum?

Jika belum, coba update gim yang ter-install agar bisa memperbaiki beberapa bug yang ada di versi gim tersebut. Update gim secara berkala tentunya akan memperbaiki performa kelancaran permainan yang semakin membaik.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini