Sukses

Berantas Scammer, BBM Hapus Channel Palsu

BBM secara sigap langsung menghapus BBM Channel palsu yang meresahkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama setelah beredarnya broadcast yang berisi ajakan kepada pengguna untuk bergabung pada channel (saluran) palsu, pihak BBM secara sigap langsung menghapus BBM Channel yang meresahkan tersebut.

"BBM sudah menghapus saluran (BBM Channel palsu) itu, dan saat ini kami sedang memantau situasi untuk memastikan tidak ada lagi saluran lainnya yang mencurigakan," kata Jann Yip, Marketing and Communications Director BBM kepada Tekno Liputan6.com, Sabtu (21/1/2016).

Jann mengimbau kepada pengguna untuk tidak bergabung dengan channel palsu itu dan jangan meneruskannya ke daftar kontak BBM mereka.

Jann juga mengarahkan pengguna yang sudah terlanjur bergabung dengan channel tersebut untuk tidak meng-unistall aplikasi BBM.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena pemilik channel tak bisa mengetahui informasi personal, seperti PIN dan kontak. Selain itu, tak ada yang bisa mengakses BBM Channel palsu yang sudah dihapus, sekalipun pemilik channel-nya sendiri (dalam kasus ini adalah si penipu online/scammers)," terangnya.

BBM Channel

Jann menambahkan, pengguna hanya cukup meninggalkan channel palsu itu dengan cara memilih menu di bagian kanan atas dan pilih 'Leave Channel'.

BBM Channel

"Selain itu, bagi pengguna yang menemukan channel mencurigakan, mereka dapat melaporkannya dengan cara beranjak ke channel yang dicurigai dan pilih 'Report Channel' atau pilih 'Report Post' untuk melaporkan posting-an yang mencurigakan di dalam channel tersebut," tutupnya.

(Isk/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini