Sukses

Ponsel Lipat Besutan Samsung Bakal Meluncur Tahun Depan?

Rencananya, ponsel bernama Samsung Galaxy X akan dipersiapkan untuk awal tahun depan

Liputan6.com, Suwon - Kabar mengenai Samsung yang tengah mengembangkan ponsel dengan desain lipat memang sudah diketahui sejak tahun lalu. Hanya, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai ponsel tersebut.

Namun, laporan terkini menyebut perusahaan asal Korea Selatan tersebut sudah mulai menyiapkan jadwal peluncuran ponsel lipat itu. Dikutip dari Phone Arena, Senin (16/1/2017), perangkat tersebut rencananya akan diperkenalkan pada kuartal pertama 2018.

Berdasarkan sumber anonim, perangkat yang diberi nama Samsung Galaxy X itu dibuat dari material bernama film polimida. Material itu sangat tipis, fleksibel dan juga tahan pada suhu tinggi, termasuk pada kondisi suhu ekstrem. 

Lebih lanjut juga disebutkan, Samsung akan memanfatkan material tersebut sebagai komponen kunci dari ponsel lipat perdananya. Hal itu dilakukan Samsung karena faktor material yang tipis dan fleksibel.

Material itu sendiri tidak dikembangkan oleh Samsung. Perusahaan tersebut dikabarkan akan memakai bahan produksi dari perusahaan manufaktur bernama Kolon Industries.

Perusahaan itu mengklaim telah berhasil memproduksi massal film polimida transparan yang disebut CPI. Komponen itu dapat digunakan sebagai pengganti lembar kaca pada smartphone.

Meskipun belum ada informasi terbaru mengenai Samsung Galaxy X, salah satu sumber menyebut perangkat ini akan berfungsi layaknya smartphone maupun tablet. Jadi, saat dibuka perangkat itu akan menjadi tablet berukuran layar 7 inci, sementara saat dilipat akan menjadi smartphone yang memiliki ukuran layar 5 inci.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini