Sukses

Seriusi Dunia Otomotif, BlackBerry Pamer OS Mobil Otonomos Anyar

Platform yang dikenal dengan sebutan QNX SDP 7.0 ini merupakan OS 64-bit yang dibangun dengan teknologi QNX.

Liputan6.com, Las Vegas - Membuka tahun 2017, BlackBerry mengumumkan sistem operasi (OS) yang diklaim paling aman untuk industri otomotif, yaitu QNX Software Development Platform 7.0. Platform yang dikenal dengan sebutan QNX SDP 7.0 ini merupakan OS 64-bit yang dibangun dengan teknologi QNX, memiliki standar keamanan dan performa pada mobil.

Kemampuan dari teknologi QNX SDP 7.0 ini sendiri telah didemonstrasikan lewat BlackBerry QNX’s 2016 Jaguar XJ dan mobil konsep 2017 Lincoln MKZ di ajang Consumer Electroncis Show (CES) 2017, Las Vegas, Amerika Serikat.

“Dengan adanya dorongan ke arah kendaraan terkoneksi dan kendaraan otonom, arsitektur elektronik mobil terus berkembang. Mulai dari sekian banyak prosesor yang lebih kecil yang masing-masing melaksanakan fungsi tertentu, sampai satu set pengendali domain berkinerja tinggi, ditenagai prosesor 64-bit dan unit-unit pemrosesan grafik,” ujar John Wall, Senior Vice President and Head of BlackBerry QNX melalui keterangan resminya, Sabtu (7/1/2017).

Untuk mengembangkan sistem baru ini, lanjut John, pelanggan membutuhkan OS 64-bit aman dan mampu mengoperasikan perangkat lunak yang sangat rumit, termasuk jaringan neural dan algoritma cerdas.

"QNX SDP 7.0 tidak hanya sesuai untuk mobil, tetapi juga hampir semua aplikasi keamanan atau aplikasi mission-critical, yang membutuhkan performa 64-bit dan keamanan canggih. Hal ini mencakup robot bedah, pengendali di pabrik, dan kereta kecepatan tinggi,” sambungnya.

QNX SDP 7.0 menyediakan performa tinggi dan peningkatan keamanan pada tingkat kernel melalui beberapa fitur, termasuk arsitektur microkernel, enkripsi berkas, adaptive time partitioning, framework dengan ketersediaan yang tinggi, deteksi anomali, dan akses kendali bertingkat berdasarkan kebijakan.

Dilengkapi dengan QNX Neutrin® Realtime OS dan QNX Momentics Tool Suite generasi terbaru, OS inovatif ini mampu mencegah kerusakan sistem, malware, dan serangan siber dengan mengimplementasikan model keamanan bertingkat yang diatur oleh kebijakan, menggabungkan teknologi keamanan terbaik pada kelasnya dari BlackBerry.

OS ini juga menawarkan safety pedigree dengan sertifikasi ISO 26262 ASIL D (tingkat tertinggi yang dapat dicapai) untuk otomobil, IEC 61508 SIL 3 untuk otomatisasi sistem industri, dan IEC 62304 untuk alat kesehatan life-critical Kelas III.

Untuk diketahui, BlackBerry telah mendeklarasikan diri sebagai brand teknologi yang bermain di dunia otomotif sejak 2015. Teknologi infotainment QNX bahkan sudah dipakai pada jutaan mobil. Tahun lalu, BlackBerry sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Ford Motor Co.

(Isk/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.