Sukses

Mobil Listrik FF91 Tembus 97 Km per Jam dalam 2,39 Detik

Faraday Future telah meluncurkan mobil listrik otonomos FF91 yang diklaim mampu berakselerasi 0-97 kilometer per jam dalam 2,39 detik.

Liputan6.com, Jakarta - Faraday Future telah meluncurkan mobil listrik otonomos yang diklaim mampu berakselerasi dari 0 sampai 97 kilometer per jam dalam 2,39 detik saja. Akselerasi mobil bernama FF91 itu lebih cepat dari Tesla Model S atau mobil listrik lainnya yang sudah masuk tahap produksi.

FF91 dipamerkan di ajang CES 2017 di Las Vegas, Amerika Serikat. Sebelumnya Faraday Future sempat menemui kesulitan keuangan dan seorang analis mengatakan Faraday Future harus mampu menepis "keraguan" setelah presentasinya di ajang yang sama pada tahun lalu.

Melalui live demo, sebagaimana dikutip dari BBC, Rabu (4/1/2016), FF91 dipamerkan tengah melaju sendiri (otonomos) di sekitar area parkir dan mundur ke ruang kosong. 

Sebuah footage juga menunjukkan dalam 2,39 detik saja mobil tersebut melaju dari posisi diam ke 97 kilometer per jam. Sementara mobil listrik tercepat Tesla mampu melakukannya dalam 2,5 detik pada jalur yang sama.

Di akhir presentasi, ada kejadian canggung ketika CEO LeEco--Faraday Future dan LeEco menjalin kemitraan strategis per Januari 2016--Jia Yueting mencoba menunjukkan fungsi parkir mobil di atas panggung di depan penonton. Saat itu, kendaraan tetap diam. 

Merespons hal ini, SVP Faraday Future Nick Sampson mengatakan, "Tampaknya mobil ini sedikit agak malas malam ini." Lalu di percobaan kedua, mobil itu pun akhirnya merespons perintah parkir.

Adapun Faraday Future berencana merilis FF91 pada 2018, tetapi untuk pre-order peminat harus menyediakan uang senilai US$ 5.000 sebagai deposit yang dapat dikembalikan.

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini