Sukses

Mobil Otonomos NVIDIA Siap Uji Coba Perjalanan

Setelah mendapat izin dari otoritas setempat, NVIDIA segera melakukan uji coba perjalanan mobil otonomosnya di jalanan San Fransisco.

Liputan6.com, California - Sejumlah perusahaan teknologi kenamaan saat ini telah merambah bidang pengembangan mobil otonomos, tak terkecuali NVIDIA. Bahkan, perusahaan itu telah mendapatkan izin dari otoritas di Amerika Serikat untuk melakukan uji coba di jalanan publik.

Dikutip dari The Verge, Selasa (13/12/2016), setelah mendapatkan izin dari California Departement of Motor Vehicles, Uber segera melakukan uji coba di sekitar jalanan Bay Area, San Fransico. Langkah NVIDIA itu mengikuti jejak Google yang lebih dulu melakukan hal serupa. 

NVIDIA pun ternyata telah cukup lama terjun ke pengembangan sistem kendaraan otonomos berbasis kecerdasan buatan. Perusahaan itu mengumumkan pengembangan teknologi tersebut pada gelaran Consumer Electronic Show 2015, yang diikuti perkenalan sistem bernama Drive PX2 di tahun ini.

Kabar terbaru juga menuturkan Nvidia telah bekerja sama dengan perusahaan asal Tiongkok, Baidu, untuk membangun sebuah platform bagi mobil semiotonomos.

Tak hanya itu, perusahaan tersebut juga telah membangun sebuah sistem pengujian mandiri sebelumnya. Pada pertengahan tahun ini, kompetisi mobil balap otonomos yang diberi nama Roborace, juga diselenggarkan Nvidia.

Sebelumnya pada 2015 NVIDIA juga sempat bekerja sama dengan Audi untuk merancang mobil yang dapat berpikir dan belajar layaknya otak manusia. Mobil tersebut dirancang dengan teknologi komputerisasi yang menampilkan simulasi otak manusia.

Adapun NVIDIA mendapat bagian untuk merancang teknologi auto piloted driving. Teknologi ini beroperasi melalui berbagai gambar hasil rekaman kamera. Gambar tersebut kemudian dianalisis melalui prosesor untuk memelajari dan membedakan objek tersebut.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini