Sukses

Mencicipi 'Makanan Sehat' Astronot NASA, Bagaimana Rasanya?

Makanan sehat astronot NASA berbentuk balok makanan seperti food bar, apakah rasanya seenak rasa dari makanan sungguhan?

Liputan6.com, California - Tren makanan sehat ternyata juga dilakukan oleh para astronot NASA. Mereka akan menjalani diet ketat selama mengemban misinya dalam menempuh perjalanan misi Orion di luar angkasa.

Maka dari itu, Badan Antariksa Amerika Serikat ini menyiapkan jenis makanan sehat dengan bentuk balok padat seperti food bar.

Ahli gizi NASA, Takiyah Sirmons, mengatakan bahwa pihaknya sangat concern dengan kesehatan astronot saat berada di luar angkasa. Meski begitu, bukan berarti para astronot harus makan sebanyak mungkin tanpa memerhatikan kandungan gizi yang mereka serap.

"Kami sengaja buat food bar, karena semua sumber gizi dibundel dalam makanan balok ini. Cara memakan food bar juga sangat praktis dan cepat. Jadi, tidak akan membuat para astronot kewalahan ketika berada di luar angkasa," kata Sirmons sebagaimana dilansir CNET, Jumat (25/11/2016). 

Dilanjutkan olehnya, setiap balok food bar memiliki 700 kalori yang diklaim mampu memenuhi asupan gizi astronot. Dan nantinya, NASA akan memproduksi food bar sesuai dengan jadwal makan para astronot selama 14 hari di luar angkasa.

NASA menyiapkan food bar dengan empat rasa, mulai dari banana-nut, orange-cranberry, ginger-vanilla, dan barbecue-nut. Meski rasanya cukup menggugah, food bar bukanlah makanan yang sebetulnya belum mampu memuaskan rasa lapar.

"Mengonsumsi food bar berbeda dengan cara kita makan makanan biasa. Ini bisa mempengaruhi suasana psikologis astronot. Meski kenyang, mereka seolah kehilangan 'cara' wajar memakan suatu makanan dengan sendok, garpu, piring, nasi, dan sebagainya. Risiko terburuknya, mereka bisa kehilangan selera makan. Mau tak mau, demi membuat semuanya jadi praktis, ini harus dilakukan," tambah Sirmons.

Sebelumnya, jenis makanan para astronot NASA dikemas dalam sebuah plastik dan juga tube seperti pasta gigi. Bentuknya cair, ada juga yang terbuat dari bubuk, meski rasanya dibuat mirip seperti rasa asli dari makanan sungguhan.

Yuri Gagarin adalah orang pertama yang memakan daging tumbuk dan saus cokelat yang dikemas dalam tabung menyerupai pasta gigi. Sementara, John Glenn merupakan orang pertama yang mencoba makan makanan di dekat orbit Bumi yang hampa udara.

Menurut Glenn, tidak sulit untuk makan di area tersebut. Hanya saja makanan harus disesuaikan ukurannya agar lebih mudah.

(Jek/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini