Sukses

Orang Indonesia Doyan Belanja Online Lewat Smartphone

Ternyata orang Indonesia doyan belanja online melalui smartphone dibandingkan dengan melalui PC.

Liputan6.com, Jakarta - Google Indonesia baru saja merilis tren e-Commerce Indonesia tahun 2016. Dalam keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, ditemukan bahwa tren yang mendominasi belanja online adalah penggunaan perangkat mobile.

Berdasarkan riset terbaru Google Indonesia, bagi banyak masyarakat Indonesia, smartphone merupakan asisten belanja yang baru.

Tak cuma itu, hasil riset tersebut mengungkap bahwa para online shopper Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu untuk belanja online. 92 persen responden mengatakan, mereka akan membeli produk menggunakan aplikasi atau dari situs yang memberi informasi yang relevan.

Para shopper yang menggunakan smartphone juga disebut-sebut selalu terbuka mengenai pilihannya. Menurut Google Indonesia, 87 persen responden mengunjungi sebuah toko atau situs setelah mencari informasi produk melalui smartphone masing-masing.

Kemudian, smartphone pun dianggap sebagai pintu masuk ke toko. Terbukti, 77 persen responden mengatakan pernah mengunjungi toko atau situs setelah melakukan pencarian produk melalui smartphone.

Google Indonesia bersama bos e-Commerce tanah air mengumumkan tren e-Commerce Indonesia di tahun 2016 (Foto: Dok.Google Indonesia)

Melalui riset itu, Google Indonesia menemukan tren musiman bahwa pada akhir tahun, belanja online menempati titik puncak kalender e-Commerce Indonesia. Bahkan, beberapa e-Commerce mengalami kenaikan transaksi 9 hingga 10 kali pada akhir tahun dibandingkan penjualan rata-rata.

Di Indonesia, produk-produk yang tinggi peminatnya pada akhir tahun antara lain produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesori, pakaian, serta keperluan bayi. Sementara, lima e-Commerce yang paling sering dicari pada akhir tahun adalah Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, dan Blibli.

Sebagai informasi, saat ini 43 persen masyarakat Indonesia memiliki smartphone. Meski jika dibandingkan dengan negara maju seperti Singapura dan Korea Selatan (91 persen) jumlah ini terbilang rendah, 71 persen pengguna smartphone di Indonesia sangat mencintai perangkat mereka.

Hal ini terlihat dari lamanya waktu penggunaan ponsel yang di atas 2 jam (136 menit) setiap harinya dengan perbandingan 50:50 untuk membuka aplikasi dan browsing internet melalui ponsel. Sementara, aktivitas browsing di komputer rata-rata menghabiskan waktu 52 menit saja.

(Tin/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini