Galaxy S8 Bakal Tiru Desain Xiaomi Mi Mix?

Oleh Agustinus Mario Damar pada 02 Nov 2016, 18:00 WIB

Liputan6.com, Suwon - Informasi tentang smartphone Samsung yang akan rilis tahun depan, Galaxy S8, masih menjadi misteri. Namun hal itu bukan berarti tak ada bocoran atau prediksi terkait spesifikasi atau desain smartphone tersebut di internet.

Bila sebelumnya disebut-sebut akan hadir dengan layar beresolusi 4K, kabar terbaru menyebutkan Galaxy S8 akan memiliki desain layar seperti Xiaomi Mi Mix. Maksudnya, rasio antara layar Galaxy S8 dengan bodi pinggir smartphone, akan sangat tipis.

Informasi ini diungkapkan langsung oleh salah satu petinggi di Samsung Display, Park Won-sang. Menurut dia, Samsung tengah mengerjakan teknologi layar yang memungkinkan membuat perangkat dengan rasio screen-to-body (skala yang menjadi ukuran jarak antara layar dengan bagian depan smartphone) mencapai 90 persen. 

"Samsung Display akan menggulirkan teknologi layar full-screen dengan rasio mencapai 90 persen di tahun depan," ujar Park Won-sang, seperti dikutip dari Phandroid, Rabu (2/11/2016).

Panel baru itu juga disebut akan dibekali teknologi anyar seperti sensor sidik jari dan sensor lainnya untuk disematkan tepat di bawah layar. Karena itu, isu mengenai Galaxy S8 yang akan menghilangkan tombol Home, kemungkinan benar adanya.

Kehadiran teknologi itu dapat memungkinkan Samsung membuat Galaxy S8 menjadi smartphone pertama dengan dengan pemindai sidik jari yang terintegrasi ke layar.

Sayangnya, Park Won-sang tak menjamin teknologi layar ini akan langsung dibenamkan di Galaxy S8. Pun demikian, Samsung terus mengupayakan layar dengan rasio screen-to-body mencapai 99 persen dapat terwujud beberapa tahun ke depan.

Selain teknologi layar anyar, Galaxy S8 juga akan dibekali dengan jeroan mumpuni. Salah satunya adalah kabar yang menyebut smartphone ini akan menjadi penampilan perdana Snapdragon 830, chipset terbaru dari Qualcomm yang rilis tahun depan.

Tak hanya itu, menurut Vice Chairman Samsung Lee Jae-yong, Galaxy S8 akan memiliki desain menarik dan kualitas kamera lebih baik dari pendahulunya. "Putra Mahkota Samsung" itu juga mengungkapkan smartphone ini akan hadir dengan kecerdasan buatan.

(Dam/Why)