Sukses

Uber Diam-Diam Garap Mobil Terbang?

Apakah mobil terbang buatan Uber bakal hadir dalam waktu dekat? Atau beberapa tahun lagi?

Liputan6.com, California - Uber kini tak hanya berkiprah sebagai perusahaan teknologi yang bergerak di bidang moda transportasi online. Perusahaan asal Negeri Paman Sam tersebut juga dikabarkan secara 'diam-diam' menggarap mobil terbang.

Informasi ini memang tidak resmi bersumber dari pihak Uber, namun sebagaimana dilansir Ubergizmo, Jumat (28/10/2016), sebuah bocoran ilustrasi mobil terbang beredar di media sosial.


Pada gambar tersebut, tampak logo Uber bertengger di sudut kiri gambar, seolah membenarkan ilustrasi tersebut merupakan proyek yang dikembangkan olehnya.

Selain itu, ilustrasi itu juga mengungkap soal mobil terbang yang akan dikembangkan, mobil ini merupakan kendaraan dengan teknologi electric aircraft yang konon bisa mendarat secara vertikal di rooftop atau landasan yang berlokasi di gedung pencakar langit layaknya heliport.


Sebelumnya Uber memang sempat mengumbar soal teknologi yang mereka garap, yaitu VTOL alias Vertical Take off and Landing.

Pada dasarnya, VTOL merupakan kendaraan udara yang dapat terbang dan mendarat secara vertikal, mirip dengan helikopter.

Namun tak seperti helikopter, teknologi ini kelak didukung beberapa rotor yang memiliki sayap statis dan menggunakan baterai untuk membuat mesin tak bising.

Bahkan, seiring waktu bukan tak mungkin VTOL akan hadir dengan dukungan fitur otonomos. Lantas apakah teknologi ini benar-benar akan digunakan untuk mobil terbang Uber? Let’s see.

(Jek/Cas)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini