Sukses

Gara-Gara Video Call dengan Gadis AS, Remaja Arab Ini Ditangkap

Gara-gara eksis ber-video call bersama gadis California, remaja Arab ini ditangkap polisi.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang remaja Arab Saudi ditangkap di Kota Riyadh gara-gara ber-video call dengan gadis asal California, Amerika Serikat.

Menurut juru bicara kepolisian setempat, Kolonel Fawaz Al-Mayman, remaja yang dikenal dengan nama Abu Sin itu ditangkap karena melakukan tindakan tidak etis di video bersama dengan Christina Crockett. Crockett sendiri merupakan bintang live streaming dari laman YouNow.

"Videonya mendapatkan banyak komentar, kebanyakan dari komentator tersebut meminta agar remaja itu dihukum karena aksinya di video," ujar Al-Maymann seperti Tekno Liputan6.com kutip dari The Guardian, Senin (3/10/2016).

Mengumpulkan ribuan penggemar di jaringan YouNow, masalah muncul setelah video tersebut diunggah ke YouTube. Di dalam video tersebut terlihat Abu Sin dan Crockett tengah berkomunikasi meski terhambat lantaran bahasa yang berbeda.

Kepopuleran video tersebut membuat Crockett terkejut. Kepada The Guardian, ia mengaku bahwa perannya sebagai seorang penyiar di YouNow membuatnya bisa mengundang penggemar untuk ikut serta dalam video.

Dalam beberapa video yang terekam, keduanya memang terlihat kesulitan memahami bahasa masing-masing. Abu Sin menggunakan bahasa Inggris yang terbatas dengan beberapa kalimat seperti 'I love you', 'very nice', 'how are you' dan sisanya lebih banyak menggunakan gerakan tangan dan tari-tarian.

"Aku tak mengerti apa yang dikatakan Abu Sin karena aku tak bisa berbahasa Arab. Tetapi menurutku semua orang menganggapnya lucu, semua suka padanya, dan aku pikir video ini menjadi viral," kata Crockett.

Ia menambahkan, Abu Sin tak lancar berbahasa Inggris. "Karenanya aku berusaha mengerti apa yang dikatakannya. Ia menari dan melucu. Kami berdua menari lantaran kami tak bisa berkomunikasi dengan kata-kata," tutur Crockett.

Keduanya mengaku tak menjalin sebuah hubungan, sebab Crockett telah memiliki seorang kekasih. Namun, interaksi antara Abu Sin dan Crockett dalam video membuat ribuan penonton berimajinasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihukum Tiga Tahun Penjara

Al-Maymann mengatakan, meski terlihat muda, usia Abu Sin sebenarnya adalah 19 tahun. Sementara Crockett berusia 21 tahun.

"Keduanya memiliki video yang menarik dan mendapatkan ribuan pengikut dan penonton di seluruh dunia dalam waktu yang singkat," ujar Al-Maymann.

Al-Maymann mengatakan, kepolisian mulai melacak Abu Sin setelah adanya beberapa komentar di YouNow yang meminta kepolisian untuk menangkap Abu Sin karena dianggap melakukan tindakan tak pantas.

Kepada media lokal, seorang pengacara menyebut kini Abu Sin terancam hukuman tiga tahun penjara.

Menanggapi hal tersebut, Crockett mengatakan apa yang dialami Abu Sin sangat mengerikan dan remaja tersebut tak pantas menerima perlakuan seperti itu.

Tidak hanya itu, Crockett juga menerima cacian bernada menyalahkan atas penangkapan Abu Sin. "Mereka bilang benci dengan apa yang aku lakukan, mengapa aku harus berkomunikasi dengannya (Abu Sin). Mereka bilang semuanya salah saya yang membuatnya dipenjara. Namun, ini bukan salahku," kata Crockett.

Sementara itu, penangkapan Abu Sin pun terekam secara livestreaming dalam YouNow, yakni saat dirinya sedang berbincang dengan pengguna lain. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube dan memperlihatkan Abu Sin berada di dalam mobil dengan dua temannya saat polisi mendekat.

Keduanya kembali ke mobil dan bicara ke arah kamera, "Abu Sin ditangkap".

(Tin/Ysl)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini