Sukses

5 Kasus iPhone Meledak yang Menggemparkan

Berikut ini beberapa kasus iPhone yang tiba-tiba terbakar dan meledak. Bahkan, ada yang sampai melukainya pegguna.

Liputan6.com, Jakarta - Belakangan ini kasus smartphone yang tiba-tiba meledak atau terbakar tengah menjadi perhatian publik. Beberapa vendor smartphone sebenarnya pernah mengalami kejadian ini, tak terkecuali Apple.

iPhone yang menjadi produk andalan perusahaan tersebut ternyata beberapa kali pernah mengalami kerusakan mendadak hingga terbakar. Bahkan, tak jarang kejadian tersebut ikut melukai penggunannya.

Lantas, seperti apa kisah seputar meledaknya beberapa seri iPhone tersebut? Berikut adalah kumpulan kasus meledaknya iPhone di seluruh dunia.

1. iPhone terbakar, gadis remaja jadi korban

Peristiwa ini terjadi pada Mei 2015 dan seri iPhone yang terbakar adalah iPhone 5c. Peristiwa yang berlangsung di Philadelphia, Amerika Serikat ini membuat pengguna iPhone tersebut menjadi korban.

Alexis Rolon, nama pemilik iPhone tersebut, ketika itu sedang melakukan perjalanan ke sekolah.

Awalnya, ia mendengar suara desis dari saku celananya yang diikuti dengan kepulan asap dari iPhone 5c miliknya.

Smartphone tersebut ternyata terbakar secara tiba-tiba dan melukai Alexis. Setelah dilakukan pemeriksaan di rumah sakit, kejadian itu mengakibatkan remaja berusia 12 tahun itu menderita luka bakar tingkat dua.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone meledak, pengguna jadi korban

2. iPhone meledak, pengguna terbakar parah

Peristiwa ini juga terjadi pada seri iPhone 5c. Ketika itu, Erik sang pemilik iPhone merasakan suhu tinggi dari perangkatnya tersebut. Tak disangka, perangkat yang dalam kondisi baik-baik saja itu meledak di dalam sakunya.

Kontan, Erik segera merobek celananya untuk menyelamatkan diri. Akibat peristiwa itu, sebagian pahanya mengalami luka bakar tingkat tiga yang terbilang cukup parah.

3. iPhone 6s hangus terbakar saat di-charge

Sang pemilik justru tidak tahu mengapa sebab iPhone 6 Plus miliknya bisa terbakar ketika dicas
iPhone 6s juga pernah menjadi perhatian. Seorang pria melaporkan kejadian tak terduga ketika ia sedang mengisi daya iPhone 6 Plus miliknya. Pria bernama David Grimsley itu menemukan iPhone miliknya hangus terbakar tak lama setelah di-charge.

Meskipun tak ada korban luka, Grimsley mengaku tetap kecewa dengan Apple akibat peristiwa itu. Alasannya, perusahaan tersebut tak mengusut kejadian itu. Pun demikian, Apple tetap mengganti perangkat Grimsley tersebut.

Belum diketahui apa penyebab terbakarnya iPhone 6s itu, tapi tak sedikit yang beranggapan charger iPhone yang digunakan Grimsey bukan barang orisinal.

Akibatnya, karena berasal dari pihak ketiga, charger itu memiliki risiko berbahaya ketika digunakan.

3 dari 4 halaman

Kejadian iPhone meledak di pesawat

4. iPhone terbakar di pesawat

Peristiwa iPhone yang terbakar ini cukup mengejutkan karena terjadi di dalam pesawat yang sedang melakukan perjalanan. Adalah Anna Crail yang menemukan bahwa iPhone miliknya tiba-tiba terbakar dalam sebuah penerbangan ke Hawaii.

Kejadian itu terjadi saat dirinya tengah menonton film dari ponsel. Tiba-tiba, ia menyadari ada lidah api muncul dari iPhone-nya. Sayangnya, tak disebutkan secara spesifik seri iPhone yang dimaksud.

Api yang ketika itu langsung membesar kontan membuat penumpang lain terkejut dan takut. Untungnya, kru pesawat Alaska Air yang ditumpanginya segera memadamkan api sehingga tak ada insiden lanjutan.

iPhone milik Gareth Clear yang meledak dan menyebabkan luka bakar parah (Sumber: Ubergizmo)

4 dari 4 halaman

Terbakar Saat Dibawa Bersepeda

5. Dibawa naik sepeda, iPhone terbakar

Peristiwa ini terjadi pada seorang pesepeda dari Sidney, Australia bernama Gareth Clear. Ledakan yang terjadi pada iPhone yang dikantonginya, membuat Clear menderita luka bakar tingkat tiga atau luka yang cukup parah.

Berdasarkan penuturanya, iPhone tersebut meledak lantaran ia jatuh setelah kakinya terpeleset dari pedal sepeda.

Saat ingin bangun, Clear melihat asap yang rupanya berasal dari kantong belakang tempatnya menyimpan iPhone.

Ponsel tersebut terlihat meleleh dan menembus ke celana pendek serta kulit Clear. Meskipun awalnya ia mencoba menyingkirkan iPhone yang dimaksud, tapi upaya itu diurungkan karena suhunya kelewat panas.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini