Sukses

Portal Otomotif Oto.com Optimistis Bisa Pikat Hati Indonesia

Meski merupakan pendatang baru, Oto.com optimistis dapat memikat hati konsumen di Tanah Air berbekal layanannya yang lengkap.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kreatif Media Karya (KMK Online) bekerja sama dengan CarBay Pte Ltd meluncurkan portal otomotif bernama Oto.com. Meski merupakan pendatang baru, Oto.com optimistis dapat memikat hati konsumen di Tanah Air berbekal layanannya yang lengkap.

Oto.com sendiri berperan sebagai perantara yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan otomotif dan penyalur, serta menyediakan fitur pencarian yang memberikan informasi terpadu mengenai harga, spesifikasi, fitur, gambar, ulasan, dan hasil uji jalan dari berbagai model kendaraan.

Selain itu, Oto.com juga memberi keleluasaan bagi pengguna untuk membandingkan model kendaraan, serta menyediakan informasi terkini tentang model mobil dan motor yang baru diluncurkan, penyesuaian harga, serta berbagai update dari industri otomotif.

Berbekal banyaknya layanan yang disuguhkan tersebut, Oto.com pun diyakini dapat bersaing dengan portal serupa lainnya.

Chief Executive Officer (CEO) Asia Pasific CarBay (Oto.com) Mohit Yadav mengatakan, layanan beragam yang disuguhkan membuat Oto.com berbeda dari yang lain. Hal ini merupakan salah satu keunggulan utama.

Selain itu, pihaknya juga terbuka bekerja sama dengan berbagai pihak guna memperkuat portal tersebut.

"Kami beda dari yang lain karena semuanya ada di sini, mulai dari start sampai end. Kami memberikan informasi yang pengguna butuhkan sampai menghubungkan pengguna dengan dealer. Selain itu, kami juga akan terus menjalin kerja sama dengan lebih banyak pihak," jelas Mohit dalam acara peluncuran Oto.com di SCTV Tower, Jakarta, Rabu (28/9/2016).

Kehadiran Oto.com sebagai portal otomotif pun kian didukung dengan meningkatnya penetrasi internet dan ponsel di Indonesia, sehingga semakin banyak orang menyediakan waktu untuk berselancar di internet.

Hal ini turut mendorong kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk dapat memenuhi kebutuhan kendaraan pribadi melalui pencarian di dunia maya. Selain portal di internet, Oto.com juga hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk perangkat Android dan iOS.

"Kombinasi demografi aspiratif, indikator ekonomi yang baik, peningkatan penetrasi internet dan posisi kunci Indonesia di Asia, membuat pasar Indonesia menjadi menarik dan penting untuk Girnar Software," sambung Mohit.
Girnar Software Private jalin kerjasama dengan PT. Kreatif Media Karya (KMK Online). Kedua perusahaan akan memusatkan perhatian pada upaya merombak industri iklan baris otomotif di Indonesia, yang terfragmentasi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Ditambahkan Chief Operating Officer (COO) Emtek, Sutanto Hartono, Oto.com memiliki serangkaian strategi untuk memperkuat portal tersebut. Terlebih lagi, Emtek dan Girnar Software sudah berpengalaman di industri digital. Sinergi grup Emtek pun diyakini akan membantu mendukung perkembangan Oto.com.

"Kami yakin dengan rekam jejak kami selama ini. Akan banyak aktivitas yang kami lakukan, ditambah dengan sinergi grup yang akan kian memperkuat kami. Industri otomotif itu sangat ramai. Kami juga akan fleksibel dalam bekerja sama karena kami ingin membangun kekuatan penuh di segala bidang," ujar Sutanto.

Adapun Presiden Direktur KMK Online, Adi Sariaatmadja, mengatakan bahwa pengalaman KMK Online di industri digital juga akan berperan penting dalam kesuksesan Oto.com. Setidaknya, perusahaan memiliki rekam jejak yang bagus dengan suksesnya berbagai investasi di segala bidang.

"Kami sudah banyak investasi di vertikal digital dan otomotif akan semakin melengkapi layanan digital kami setelah BlackBerry Messenger (BBM) beberapa waktu lalu. Melalui Oto.com, kami bisa membawa pengalaman dealer sesungguhnya melalui internet," ungkap Adi.

Untuk diketahui, CarBay Pte Ltd merupakan anak usaha perusahaan iklan baris otomotif online terkemuka di Asia, yaitu Girnar Software Private Limited. Sedangkan KMK Online adalah anak usaha dari salah satu perusahaan media dan konten terdepan di Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek).

Melalui usaha patungan ini, CarBay memiliki 70 persen saham, sisanya dipegang oleh KMK Online sebesar 30 persen.

(Din/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini