Sukses

5 Smartphone Berdaya Baterai Besar Mulai 4000mAh

Kalau kamu punya smartphone dengan daya baterai besar mulai 4000mAh, kamu gak perlu repot-repot bawa power bank.

Liputan6.com, Jakarta - Selain smartphone, perangkat yang saat ini selalu dibawa oleh sebagian besar orang adalah power bank. Alasannya, daya baterai smartphone biasanya cepat habis entah karena memang daya baterainya kecil atau karena terlalu banyak aplikasi yang menguras daya.

Melihat ini sebagai peluang, sejumlah perusahaan merilis smartphone dengan kapasitas daya baterai jauh lebih besar dari biasanya. Tentu saja, kapasitas daya baterai lebih besar memungkinkan smartphone menyala dan beroperasi lebih lama.

Kali ini Tekno Liputan6.com merangkum 5 smartphones dengan daya baterai berkapasitas mulai dari 4000mAh. Simak rangkumannya berikut ini.

1. Lenovo Vibe P1m (4000mAh)
Lenovo Vibe P1m
Lenovo Vibe P1m pertama kali diluncurkan di ajang Internationale Funkausstellung (IFA) 2015 di Berlin pada September 2015. Di Indonesia, smartphone dengan daya baterai 4000mAh ini melantai di pasar pada bulan berikutnya, tepatnya Oktober 2015.

Fitur unggulan Lenovo Vibe P1m selain daya baterai 4000mAh adalah switch hemat daya, quick charging, dan On-The-Go (OTG) charging. Dengan fitur OTG charging, Lenovo Vibe P1m bisa menjadi power bank bagi perangkat lain.

Beralih ke hardware, MediaTek MT6735 didaulat menjadi 'otak' dari Lenovo VIBE P1m, yang dipadukan dengan RAM berkapasitas 2GB.

Dengan demikian, Vibe P1m dipastikan akan berjalan secara mantap di Android 5.1 (Lollipop), yang diberi sentuhan tampilan antarmuka khas Vibe. Di sektor layar, VIBE P1m dibekali layar berdefinisi tinggi (720x1280 piksel) seluas 5 inci berteknologi IPS.

Untuk urusan ruang penyimpanan, smartphone yang sudah mengusung teknologi 4G LTE ini menyediakan ruang penyimpanan internal 16GB. Jika dirasa tidak cukup, pengguna dapat menambahkan memori eksternal hingga 32GB.

Bagi Anda yang suka berfoto ria, smartphone yang tahan percikan air berkat kehadiran lapisan nano (nano coating) ini sudah dibekali kamera belakang dan depan dengan resolusi masing-masing 8 dan 5 Megapiksel.

Harga: Mulai Rp 1,6 Jutaan di Bukalapak

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lenovo dan Asus

2. Lenovo Vibe P1 Turbo (5000mAh)
Lenovo Vibe P1 Turbo
Sama seperti Lenovo Vibe P1m, Lenovo Vibe P1 Turbo juga dirilis pertama kali di ajang Internationale Funkausstellung (IFA) 2015 di Berlin pada September 2015, namun dengan daya baterai lebih besar yaitu 5000 mAh. 

Fitur quick charging dan OTG charging juga disematkan ke smartphone yang meluncur di pasar Indonesia pada Januari 2016 ini, persis seperti Lenovo Vibe P1m.

Adapun Vibe P1 Turbo lebih baik dari segi hardware ketimbang Lenovo Vibe P1m. Seri ini tampill dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 64-bit octa-core berkecepatan 1,5 GHz dan RAM 3GB.

Untuk kapasitas memori, smartphone yang sudah bisa digunakan di jaringan 4G LTE ini didukung memori internal 32GB yang dapat diperbesar hingga 128GB via microSD.

[BACA JUGA: Tanya Tekno: Mengapa Daya Baterai Smartphone Cepat Habis?]

Beralih ke kamera, Lenovo Vibe P1 Turbo mengusung kamera belakang 13MP dan kamera depan 5MP. Tak hanya itu, untuk kali pertama, Lenovo juga menyertakan teknologi pemindai sidik jari (fingerprint scanner) untuk mendukung penguncian smartphone yang lebih aman.

Harga: Mulai Rp 3,1 Jutaan di Bukalapak

3. Asus Zenfone Max (5000mAh)

Asus ZenFone Max (Liputan6/Iskandar)
Asus ZenFone Max mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi HD dan kerapatan piksel 267ppi. Layarnya sudah dibekali teknologi IPS capacitive dengan 16 juta warna. Tak hanya itu, ZenFone Max memiliki teknologi TruVivid untuk menyempurnakan kejernihan, kecerahan, dan tingkat responsivitas layar. Layarnya pun telah dilindungi Gorilla Glass 4. 

Performa smartphone yang sudah berjalan di jaringan 4G LTE ini didukung oleh Qualcomm Snapdragon 410 Quadcore 1.2GHz Cortex-A53 dan RAM 2GB, yang dikawinkan dengan GPU Andreno 306.

Pengguna bisa memasang aplikasi di ruang penyimpanan internal seluas 16GB. Bila belum cukup, pengguna bisa memasang microSD hingga 64GB.

Soal baterai, Asus Zenfone Max memiliki daya baterai 5.000mAh. Sangat disayangkan, Asus belum membekalinya dengan fitur quick charging, sehingga waktu pengisian daya baterai menjadi agak lama. 

Harga: Mulai Rp 2 Jutaan di Bukalapak

3 dari 3 halaman

Evercoss dan Xiaomi

4. Evercoss Elevate Y2 Power (6200mAh)

Evercoss Elevate Y2 Power
Evercoss adalah satu-satunya pabrikan lokal yang merilis smartphone dengan daya baterai besar yakni Evercoss Elevate Y2 Power. Tidak tanggung-tanggung, daya baterai smartphone ini 6200 mAh.

Smartphone berukuran layar 5,5 inci ini sudah dibekali chipset 1.3Ghz quad core, RAM 2GB, dan memori internal 16GB, yang dapat diperluas menggunakan microSD hingga 32GB.

Soal pengambilan gambar, Evercoss Elevate Y2 Power memiliki kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. Smartphone ini juga dapat berfungsi sebagai power bank bagi perangkat lain dan sudah dibekali fitur USB On-the-Go (OTG).

Harga: Mulai Rp 2,1 Jutaan di Bukalapak

5. Xiaomi Redmi 3 Prime 4100mAh

Xiaomi Redmi 3 Prime
Sebetulnya, Xiaomi Redmi 3 Prime yang belum lama ini dirilis di Indonesia adalah Xiaomi Redmi 3 Pro. Smartphone ini dilengkapi chipset Snapdragon 616 untuk mendukung performanya. Spesifikasi lainnya adalah RAM 3GB, yang dikawinkan memori internal 32GB. Kalau kurang, pengguna bisa memanfaatkan microSD hingga 128GB.

Xiaomi Redmi 3 Prime dibekali baterai 4.100mAh. Fitur lain yang disematkan ke smartphone berlayar 5 inci beresolusi HD ini adalah fingerprint scanner. Di sektor kamera, Xiaomi menyematkan kamera 13MP dengan sensor PDAF.

Smartphone tersebut sebenarnya telah mendukung jaringan 4G LTE. Namun karena Xiaomi belum mampu memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), Xiaomi menamai Redmi 3 Pro di Indonesia Redmi 3 Prime, tanpa dukungan jaringan 4G LTE.

Harga: Mulai Rp 2,2 Jutaan di Erafone.com

(Why/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini