Sukses

Tantang NASA, Badan Antariksa Tiongkok Kebut Proyek Planet Mars

Apa memang CNSA bisa menerbangkan pesawat luar angkasanya ke Mars pada 2020? Berarti, butuh 4 tahun lagi untuk merampungkan proyek ini.

Liputan6.com, Beijing - Badan Antariksa Tiongkok (CNSA) tengah menantang Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). Mereka berkoar mampu menerbangkan pesawat luar angkasanya ke Mars dalam waktu terbilang singkat.

Di kantor pusatnya di Beijing, CNSA terang-terangan menyebutkan telah merancang desain final pesawat luar angkasa yang akan diterbangkan ke Mars. 

Diketahui, rover tersebut akan mendarat di Planet Merah itu pada 2020 mendatang. Dengan begitu, CNSA akan mengebut untuk merampungkan proyek besarnya ini.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Mirror pada Jumat (26/8/2016), desain final rover tersebut juga telah diperlihatkan kepada Pemerintah Tiongkok. Dengan bantuan teknologi computer-generated images dari Chinese State Administration of Science, mereka telah merilis skema bagaimana rover tersebut mendarat di permukaan Mars.

Diungkap, rover tersebut akan ditugaskan untuk mengumpulkan data terkait tanah dan atmosfer Mars, termasuk tanda-tanda kehidupan yang mendukung seperti kandungan es atau air.


Pada saat ini, satu-satunya Badan Antariksa yang mampu mendaratkan pesawat luar angkasa di Mars adalah NASA. Pun begitu, sejumlah Badan Antariksa lain seperti ESA dan Roscosmos turut berperan dalam proses penerbangan rover NASA ke Mars.

Adapun Tiongkok dikenal sangat ambisius dan agresif dalam mengembangkan proyeknya ke Planet Mars. Bahkan, untuk membuktikan bahwa mereka kredibel di industri ini, mereka menciptakan teleskop yang bertugas untuk 'memburu' alien.

(Jek/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini