Sukses

Anies, Sri Mulyani, dan Puan Paling Banyak Dibahas Netizen

Netizen, terutama di media sosial dan blog, paling banyak membahas Anies Baswedan, Sri Mulyani, dan Puan Maharani terkait reshuffle kabinet

Liputan6.com, Bandung - Netizen, terutama di media sosial dan blog, paling banyak membahas Anies Baswedan, Sri Mulyani, dan Puan Maharani terkait reshuffle kabinet, Rabu (27/7/2016) kemarin.

Menurut Denny Charter, Direktur Indexpolitica, penyedia platform Big Data Analysis, mengacu pada peranti lunak kreasinya, Menteri Keuangan Sri Mulyani paling banyak dibicarakan. Disusul oleh Anies Baswedan dan Rizal Ramli sebagaimana diperlihatkan grafik Share of Voice berikut ini:

Share of Voice Reshuffle Kabinet. Kredit: Indexpolitica
Simpati terhadap Anies Baswedan yang terkena reshuffle membuat sentimen pembicaraan mengenai dirinya paling positif. Netizen menyayangkan Anies dicopot dari posisinya karena programnya selama menjadi menteri dianggap baik. Surat pamitan terbuka yang diunggah Anies Baswedan di media sosial juga menjadi viral dan banyak dibicarakan netizen.

Word Clouds Anis Baswedan. Kredit: Indexpolitica
Yang juga menarik, sekalipun Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani tak terkena perombakan, cukup banyak sentimen negatif mengenai dirinya karena kinerjanya dinilai tak sesuai ekspektasi. Meme seputar hal ini juga ramai terlihat, misalnya Puan tak bisa disentuh karena bukan muhrim.

Di sisi lain, pembicaraan Sri Mulyani juga cenderung negatif karena masih terkait isu Bank Century di masa lampau. Netizen ramai-ramai mengingatkan cuitan akun @fadjroel beberapa tahun silam, yang meminta Sri Mulyani mundur dari jabatan sebagai Menteri Keuangan pada era Presiden SBY imbas kasus Bank Century tadi.

Namun kemarin @fadjroel yang dikenal pendukung Presiden Jokowi balik menyatakan dukungan atas kehadiran kembali Sri Mulyani. Demikian pula dengan tokoh lainnya yang juga selama ini dikenal pro-Jokowi, ikut bersikap senada seperti akun @rustamibrahim dan @wimar.

"Pantauan Indexpolitica juga menunjukkan, isu reshuffle disambut sentimen positif netizen di media sosial. 40 persen pembicaraan bernada positif, 53 persen pembicaraan netral, hanya 7 persen yang negatif. Cakupan pembicaraan hampir di seluruh kota besar di Indonesia, dengan dominasi di Jakarta," pungkasnya. 
GeoMapping Reshuffle. Kredit: Indexpolitica

(Msu/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini