Sukses

Pendaftaran 1000 Startup Digital Dibuka, Bergegaslah!

Setelah kick off Gerakan Nasional 1000 Startup Digital digelar bulan lalu, kini pendaftaran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dibuka.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah kick off Gerakan Nasional 1000 Startup Digital digelar 17 Juni 2016 lalu, kini pendaftaran Gerakan Nasional 1000 Startup Digital resmi dibuka.

"Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menantang anak-anak muda yang punya semangat kewirausahaan tinggi, niat yang tulus, pola pikir yang benar, serta kemauan yang besar, untuk berkomitmen mengikuti setiap tahapan program ini dari awal hingga akhir," tutur Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi UGM sekaligus mentor Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Dr. Hargo Utomo, M.B.A, dalam keterangannya kepada Tekno Liputan6.com.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital terbuka bagi semua anak muda dari berbagai keahlian, seperti desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, dan lainnya.

Anak muda yang memiliki pola pikir untuk menyelesaikan masalah dan menciptakan inovasi, serta yang ingin bangsa Indonesia maju dan menjadi negara besar, dapat langsung mendaftar dengan mengisi formulir registrasi di reg.1000startupdigital.id.

Program ini terbuka baik bagi yang sudah atau belum memiliki ide, sudah atau belum memiliki tim, dan sudah atau belum memiliki produk. Namun, jika ingin mendaftar dengan tim, semua anggota harus mendaftar secara individual, dan mengikuti program dari awal hingga akhir.

Semua peserta, sebagai salah satu syarat pendaftaran, harus membuat video berdurasi maksimal 2 menit, yang menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, berikut ide dan solusi yang akan dibuat dengan memanfaatkan teknologi digital. Video tersebut kemudian diunggah ke YouTube dengan menyertakan tagar #1000startupdigital.

"Program ini hanya akan memilih peserta dengan visi dan kemauan kuat untuk maju ke tahap selanjutnya. Perlu diketahui, program ini merupakan sebuah gerakan yang bertujuan menciptakan ekosistem startup digital berkelanjutan yang memecahkan masalah besar yang berdampak bagi Indonesia," ujar Inisiator Komunitas Forum Web Anak Bandung (FOWAB) Yohan Totting menambahkan.

400 peserta yang terpilih pada tahap pertama di setiap kota akan mengikuti Ignition, sebuah seminar yang akan menginspirasi para peserta untuk membuat sebuah startup yang menyelesaikan masalah dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Tahapan ini sangat penting bagi setiap calon pendiri startup untuk memahami pola pikir kewirausahaan sebelum memulai startup masing-masing.

"Komitmen yang kami harapkan dari setiap peserta adalah jika terpilih, bersedia mengikuti tahapan dari awal hingga akhir. Selain itu, peserta diminta mematuhi setiap perarturan yang ada di setiap tahapan, dan bersungguh-sungguh mendirikan startup yang ingin menciptakan solusi," kata Alamanda Shantika, Vice President di PT Go-Jek Indonesia (Go-Jek), yang juga merupakan salah satu mentor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Kota yang akan melaksanakan Ignition pertama adalah Jakarta, yang akan digelar pada 30 Juli 2016 di Universitas Trisakti. Kota selanjutnya adalah Surabaya, yang akan digelar pada 6 Agustus 2016 di Spazio Hall. Kota berikutnya adalah Yogyakarta, yang akan digelar pada 12 Agustus 2016 di Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Kalau kalian termasuk anak muda penggerak bangsa yang menolak terbuai oleh potensi dan ingin menciptakan solusi untuk membawa Indonesia menjadi negara besar, bergeraklah sekarang!

(Why/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini