Sukses

Ini 5 Smartphone Tahan Air Terbaik di Dunia

Dari semua ponsel anti air yang beredar, apa saja sih smartphone tahan air terbaik di dunia?

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu kerusakan smartphone akibat air sangat sering terjadi? Mungkin hal inilah yang menginspirasi produsen smartphone menciptakan ponsel waterproof alias tahan air.

Sebenarnya, ketahanan terhadap air artinya smartphone tak benar-benar bisa bertahan tanpa mengalami kerusakan sama sekali di dalam air. Namun, memiliki arti bahwa smartphone tersebut mampu bertahan di air pada kedalaman dan waktu tertentu.

Kemampuan tahan terhadap air ini tergantung dari rating sertifikat IP yang dimiliki smartphone tersebut. Misalnya IP68 memiliki ketahanan air hingga kedalaman 3 meter, air bisa masuk namun tak membahayakan ponsel.

Sedangkan IP67 berarti ponsel tahan terhadap air hingga kedalaman 1 meter dalam jangka waktu tertentu air tak akan merusak smartphone. Sementara IP55 artinya memiliki ketahanan terhadap air hingga kedalaman 1 meter pada waktu tertentu.

Dari semua ponsel anti air yang beredar, apa saja sih smartphone tahan air terbaik di dunia? Dikutip Tekno Liputan6.com dari Ubergizmo, Minggu (17/7/2016), berikut adalah 5 smartphone tahan air terbaik di dunia.

1. Samsung Galaxy S7/S7 Edge
Samsung Galaxy S7/S7 Edge memiliki sertifikat IP68 dan dijual dengan banderol mulai dari Rp 9 jutaan. Seri Galaxy S7 memiliki kualitas sebagai smartphone terbaik. Memiliki desain yang manis,berkinerja cepat, dan kemampuan kamera yang luar biasa, smartphone ini juga menawarkan perlindungan yang kuat terhadap air.

Tampak depan Samsung Galaxy S7 (Liputan6.com/Iskandar).
Sayangnya, baru-baru ini seri Galaxy S7 yang lebih 'buas' yakni Galaxy S7 Active tak berhasil lolos uji ketahanan terhadap air yang dijalankan oleh Consumer Report.

2. Sony Xperia X Performance
Perusahaan elektronik asal Jepang ini memang sudah lama bereksperimen dengan smartphone yang mampu bertahan terhadap air. Sebelumnya, perangkat pertama Sony yang memiliki fitur ketahanan terhadap air (IP55) adalah Xperia Z.

Sony memperkenalkan jajaran ponsel terbarunya di ajang Mobile World Congress 2016, yakni Xperia X Range yang terdiri dari Xperia X, XA, dan X Performance di Barcelona, Senin (22/2/2016). (Foto: Android Headlines)
Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini smartphone tahan air terbaik dari Sony adalah Xperia X Performance. Seri ini Sony perkenalkan pertama kali pada ajang Mobile World Congress 2016. Xperia X Performance telah dilengkapi dengan sertifikat IP68 sehingga menjadi pesaing kuat bagi Galaxy S7 series.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Samsung Galaxy S6 Active

3. Galaxy S6 Active
Galaxy S6 Active memiliki sertifikat IP68 dan desain yang lebih kuat dibandingkan Galaxy S6 series.

Samsung Galaxy S6 Active (Sumber: Ubergizmo)
4. Xperia Z5 Compact
Sony Xperia Z5 Compact bisa dibilang merupakan lawan dari Samsung Galaxy S6 Active dari segi harganya. Selain itu, ponsel ini juga menawarkan sertifikat tahan air IP68.

Sony Xperia Z5 Compact (Atas), Xperia Z5 (Tengah), Xperia Z5 Premium (Bawah) - Liputan6.com/Iskandar
5. Galaxy S5 
Samsung Galaxy S5 merupakan seri Galaxy S pertama yang memiliki fitur tahan air. Ponsel ini memiliki sertifikat tahan air IP67 yang dipadukan dengan fitur-fitur unggulan lainnya yang menjadikannya sebagai satu dari sekian smartphone tahan air terbaik. 

Samsung Galaxy S5 (Liputan6.com)
(Tin/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini