Sukses

XmartCities Mulai Diterapkan, XL Rilis 4 Layanan Digital

Peluncuran 4 layanan digital ini diresmikan langsung oleh Gubernur NTB, M Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan

Liputan6.com, Mataram - PT XL Axiata Tbk (XL) dan pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai menerapkan kerja sama XmartCities dengan memperkenalkan 4 layanan digitl baru. 

Keempat layanan digital tersebut, seperti dikutip dari siaran rilis ke tim Tekno Liputan6.com, Kamis (11/2/2016), antara lain pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan dengan XL Tunai, konten video dakwah, dan media komunikasi bagi panti asuhan.

Peluncuran 4 layanan digital ini diresmikan langsung oleh Gubernur NTB, M Zainul Madji bersama Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan di Mataram. 

Ongki mengatakan masyarakat NTB sudah bisa menikmati pemanfaatan 4 layanan digital tersebut. "Ini akan mengantar NTB sebagai salah satu provinsi yang terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dan mengatasi problem masyarakat, termasuk menerapkan e-goverment," ujarnya.

Pertama, layanan pemesanan makam, masyarakat dapat memesan lewat website dan aplikasi. Mereka juga dapat memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mencari tahu status lokasi makam, dan memesan lewat aplikasi. Masyarakat Lombok dapat mengunjungi tautan ini atau mengunduh aplikasinya di Google Play Store. 

Ada lima tempat yang menjadi area lokasi pemakaman, antara lain: Kota Mataram (Karang Medain dan Bintaro), Kabupaten Lombok Barat (Demong Jempong dan Pemate), Lombok Tengah (Sengkerang dan Leneng Puah Raya), Lombok Timur (Selong dan Jero Waru), dan Lombok Utara (Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang). 

Kedua, media dakwah. Kehadiran media dakwah online membantu para ulama untuk beraktivitas melalui media digital. Adapun materi dakwah akan disebarkan dalam format video kepada masyarakat NTB. Video dakwah tersebut akan didistribusikan melalui jejaring sosial khusus video, YouTube. 

Ketiga, situs Panti Asuhan. Pemerintah provinsi NTB dal XL meresmikan implementasi website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Jadi, panti asuhan yang ada di NTB memiliki fasilitas website.

Ini dapat mempermudah sosialisasi kepada masyarakat luas tentang kondisi dan kebutuhan setiap panti asuhan di daerah tersebut. Saat ini jumlah panti asuhan yang ada di berkisar 1.500, sedangkan yang mendaftar baru 20 panti asuhan di Lombok.

Terakhir, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan layanan dompet digital, XL Tunai. Kerja sama antara pemerintah provinsi NTB dan XL telah ditandatangi pada awal Juni 2015 lalu. Dengan kerja sama ini, pembayaran pajak kendaraan bermotor akan lebih cepat dan efektif. 

(Cas/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini