Sukses

Gemparkan Netizen, Stiker LGBT Line Ditarik

Line Indonesia langsung menarik stiker LGBT yang ramai dicibir netizen di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Stiker Line yang menampilkan dua tokoh animasi berjenis kelamin lelaki yang sarat dengan LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transgender) dicibir habis-habisan oleh pengguna internet di Indonesia.

Hal ini langsung mengundang perhatian bagi Line Indonesia. Melalui keterangan resminya, Rabu (10/2/2016), Head of Public Relation Line Indonesia, Teddy Arifianto, mengatakan menarik stiker tersebut dari pasar Indonesia.

"Sekarang sedang dalam proses ditarik dari pasar. Per hari ini (Rabu, 10 Februari 2016), tetapi kan butuh waktu dan proses," kata Teddy kepada Tekno Liputan6.com.

Teddy membantah Line tidak melakukan filter atau penyaringan terhadap konten-konten yang beredar.

Menurutnya, sebagai perusahaan yang berskala global, Line yang berpegang pada acuan global untuk melakukan filter terhadap konten yang sensitif dari perspektif lokal seperti stiker Love is Love tersebut.

Line sendiri menyesalkan atas kemunculan stiker yang dianggap sensitif oleh banyak orang ini sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman dari pengguna dan pemerhati.

"Kami meminta pengertiannya karena saat ini kami sedang bekerja menyelesaikan permasalahan ini terutama dalam menghapus stiker-stiker tersebut," ucapnya.

Teddy juga menyebutkan, Line menghargai seluruh masukan dari para pengguna dan pihak-pihak lain terkait produk dan fitur di Line.

"Kami akan berupaya keras agar hal seperti ini tidak terulang kembali," tuturnya.

Sebelumnya, pada Januari 2015, stiker-stiker Line yang mengandung konten dewasa telah mendapatkan petisi pada laman Change.org. Penggagas petisi, Gioveny Astaning Permana kala itu menuliskan:

... Saya juga sering mengunduh sticker-sticker tersebut, namun semakin saya perhatikan sticker LINE ini cenderung mendukung ke gambar-gambar dewasa yang tidak aman dan belum layak untuk anak-anak dan seharusnya anak-anak tidak melihat. Saya mengamati ini dari hasil 'Popular Creator Sticker' seperti sticker berjudul so much love, short couple problem, him & her, Lily & Marigold, romantic memories, love lasting forever, hugs and kisses yang termasuk dalam 50 popular creator sticker...


(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini