Sukses

Google Bakal Ikuti Jejak Apple?

Google dikabarkan akan mengontrol penuh seluruh pengoperasian seri Nexus besutannya.

Liputan6.com, Jakarta - Isu tentang rencana Google untuk mulai menggarap smartphone sendiri kembali muncul. Berdasarkan laporan terbaru dari The Information, Google dikabarkan berencana untuk mengambil kontrol penuh terhadap lini smartphone Nexus.

Langkah ini disebut-sebut mengikuti Apple yang sudah melakukan hal serupa dalam produksi iPhone. 

Mengutip informasi dari laman Business Insider, Selasa (2/2/2016), CEO Google Sundar Pichai, diketahui menginginkan sebuah 'integrasi vertikal' dalam pengoperasian ponsel Google. Dalam hal ini, Google akan sedikit mengadaptasi cara yang sudah dilakukan Apple sebelumnya. 

Raksasa mesin pencari tersebut dikabarkan berencana untuk mengembangkan dan memproduksi lini ponsel sendiri. Jadi, seluruh hal yang berkaitan dengan smartphone ini nantinya akan langsung ditangani oleh Google. 

Sebagai catatan, untuk saat ini lini smartphone Nexus dari Google merupakan hasil kerja sama dengan beberapa vendor kenamaan, seperti Huawei dan HTC. Dalam proses pembuatannya, vendor-vendor tersebut akan mengirimkan tim ke kantor pusat Google untuk mengembangkan Nexus.

Dari laporan tersebut juga diketahui bahwa Google nantinya akan mengambil peran seperti Apple. Google dilaporkan akan memperlakukan perusahaan pembuat komponen hanya sebagai pabrikan kontrak dan bukannya sebagai rekanan. Dengan demikian, ponsel Nexus kemungkinan besar hanya akan memakai merek Google di perangkatnya.

Menurut beberapa analis, cara ini diambil Google sebagai langkah untuk membendung Apple yang juga mulai masuk ranah layanan online. Padahal, layanan itu merupakan ladang uang bagi Google.

Tak hanya itu, Apple disebut juga memiliki kemampuan untuk membatasi layanan Google yang dapat digunakan oleh pemakai iPhone. Salah satunya adalah yang dilakukan Apple ketika memperkenalkan fitur pemblokiran iklan untuk pengguna iPhone dan iPad. 

Langkah itu jelas akan mempengaruhi pendapatan dari bisnis iklan Google. Untuk itu, wajar apabila Google kemudian mengembangkan ponsel sendiri untuk melawan dominasi Apple di smartphone high-end.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Google adalah salah satu perusahaan Amerika Serikat yang berkhususkan pada jasa dan produk internet.

    Google

  • Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.
    Apple adalah sebuah industri visioner yang merevolusi industri komputer, musik, dan komunikasi seluler.

    Apple

  • nexus

Video Terkini