Sukses

Asyik, Google Chrome Bakal Muat Laman Lebih Cepat

Google akan menggunakan algoritma bernama Brotli yang mampu memberikan efisiensi data antara 20-26 persen dibanding pendahulunya

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar baik bagi Anda pengguna browser (peramban) Chrome dari Google. Sebab, Google diketahui telah mengembangkan teknologi baru untuk mempercepat waktu muat (loading time) di peramban tersebut.

Mengutip informasi dari laman Time, Jumat (22/1/2016), kemampuan ini dimungkinkan berkat algoritma kompresi terbaru Google yang disebut Brotli. Informasi ini sendiri dipastikan langsung oleh Ilya Grigorik, Google Web Perfomance Engineer melalui sebuah posting di Google Plus.

Google menyebut bahwa Brotli mampu memberikan efisiensi data antara 20-26 persen, dibanding algoritma kompresi saat ini, Zopfli. Kemampuan ini jelas akan mempercepat waktu muat sebuah situs web.

Tak hanya itu, pengguna mobile juga akan mendapatkan keuntungan dari algoritma baru ini. Selain biaya transfer data yang lebih rendah, konsumsi baterai pun disebut akan lebih sedikit.

Google juga dikabarkan akan menjadikan Brotli sebagai sistem terbuka. Jadi, perusahaan teknologi lain dapat menggunakan algoritma ini untuk dipakai di browser besutannya.

Salah satu perusahaan lain yang disebut tertarik menggunakan Brotli adalah Firefox. Hanya saja, Mozilla belum memastikan waktu peluncuran dukungan untuk algoritma tersebut.

Kepastian Google merilis Brotli ini makin menguatkan indikasi bahwa Google secara serius menjanjikan pengalaman mengakses internet yang lebih baik. Sebelumnya, Google juga telah merilis pembaruan fitur Data Saver bagi pengguna Android. Melalui pembaruan ini, data yang diakses pengguna dapat dihemat hingga 70 persen.

(Dam/Why)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.