Sukses

Facebook 'Pensiunkan' Fitur Sinkronisasi Foto

Pada 2012, Facebook memperkenalkan fitur bagus yang disebut sinkronisasi foto. Kini fitur itu telah 'pensiun'.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Desember 2015 kemarin Facebook telah mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan dukungan untuk fitur sinkronisasi foto besutannya. Fitur tersebut menciptakan album terpisah foto-foto yang disinkronkan pada akun Facebook pengguna dari ponsel miliknya.

Dan Senin (11/1/2015) kemarin, fitur besutan raksasa jejaring sosial tersebut, menurut informasi yang dikutip dari Tech Radar India, telah resmi 'pensiun'.

Seorang juru bicara Facebook mengatakan, "Kami menghapus setahap demi setahap fitur sinkronisasi foto Facebook."

Fitur ini, lanjut juru bicara itu, memungkinkan sinkronisasi foto yang diambil pada ponsel pengguna ke bagian privat di Facebook, yang hanya terlihat oleh pengguna, di mana pengguna dapat melihat atau mengeposkan foto itu, jika foto itu dipilih.

Fitur ini diluncurkan pada 2012, ketika orang-orang mengambil foto pada ponselnya, tapi masih mengeposkan foto-foto terutama dari komputer.

Lantas, apa yang terjadi pada foto yang saat ini disimpan di folder tersebut? Facebook memiliki solusi untuk hal itu.

Tim Facebook sekarang menawarkan dua cara untuk memulihkan foto-foto itu. Salah satunya adalah melalui aplikasi Moments, yang diluncurkan pada Juni lalu.

Aplikasi ini mengelompokkan foto-foto pengguna berdasarkan siapa yang di dalamnya dan kapan foto-foto itu diambil. Kemudian foto-foto itu disortir menjadi beberapa kelompok untuk dibagikan secara privat. 

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk berbagi foto langsung pada Instagram atau mengirimnya ke kontak pengguna di Messengers. Selain itu, pengguna juga dapat mengunduh foto yang telah disinkronisasikan di Facebook dalam format zip ke komputer atau smartphone miliknya.

(Why/Cas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini