Drone Pesan Antar Milik Amazon Segera Rampung

Oleh Jeko I. R. pada 30 Nov 2015, 20:17 WIB
Layanan Pesan Antar via Drone Milik Amazon Segera Rampung

Liputan6.com, Seattle - Rencana Amazon meluncurkan drone layanan pesan antar memang sudah menyeruak selama beberapa tahun terakhir. Bahkan, sebelumnya mereka juga sempat memberikan bocoran seperti apa tampilan drone milik layanan pesan antarnya.

Setelah sekian lama, akhirnya raksasa e-commerce tersebut mengumumkan debut drone-nya secara resmi pada hari ini, Senin (30/11/2015). Mereka juga mengumumkan bahwa layanan pesan antar via pesawat tak berawak tersebut akan segera rampung dalam waktu dekat.

Karena mengusung layanan 'pesan antar', drone yang bernama 'PrimeAir' ini akan digunakan sebagai wadah transportasi untuk mengirim paket produk yang dipesan dari warehouse Amazon sampai ke halaman rumah pembelinya.

amazon prime air drone

Menurut informasi yang dikutip dari Gizmodo, PrimeAir juga telah muncul di sebuah iklan dengan menghadirkan model prototype komersilnya yang lebih besar dan berwarna. Prototype Drone tersebut, jauh berbeda dengan model PrimeAir pertama yang diperlihatkan Amazon beberapa tahun yang lalu.

PrimeAir memiliki sistem dua propeller (baling-baling): satu propeller digunakan untuk take off secara vertikal, dan satunya lagi digunakan untuk terbang secara horizontal ke tempat tujuan. Drone ini bisa terbang sampai ketinggian 400 kaki.

Dijelaskan pihak Amazon, PrimeAir merupakan drone yang merupakan gabungan dari fungsi 'helikopter' dan juga 'pesawat'.

"Dengan gabungan kedua fungsi transportasi udara tersebut, PrimeAir dirancang sedemikian rupa agar bisa terbang jauh secara aman, efisien dan juga cepat," tutur juru bicara Amazon yang tidak disebutkan namanya ini.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa keamanan PrimeAir sangat terjamin. Drone tersebut memiliki kemampuan untuk melacak dan menghindari objek yang menghampiri ketika terbang di udara. Jadi, produk yang dibawa di dalam drone ini pasti tidak akan rusak.

Ini tentunya bukan satu-satunya drone yang rupanya dikerjakan Amazon. Diungkap, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut tak hanya berfokus ke pengembangan drone untuk layanan pesan antar saja, namun mereka juga akan menambahkan beberapa drone dengan desain dan fungsi yang berbeda untuk lini bisnis Amazon lainnya.

Sedangkan untuk layanan pesan antarnya sendiri sangat mudah. Pembeli bisa memilih mode layanan pesan antar via drone. Setelah pembeli memesan produk lewat situs atau aplikasi Amazon, pesanan tersebut akan tiba di warehouse. Setelahnya, produk akan dikirim via PrimeAir dalam hitungan waktu yang telah diperkirakan, tergantung dari jarak yang ditempuh.



(jek/cas)