Sukses

Google Ingin Garap Chip Android Sendiri

Google dikabarkan berminat untuk mengembangkan chip Android berdasarkan desainnya sendiri

Liputan6.com, Jakarta - Google dikabarkan berminat untuk mengembangkan chip Android berdasarkan desainnya sendiri. Mirip dengan yang dilakukan iPhone, yang mana menghadirkan chip Ax yang dirancang oleh Apple, tetapi diproduksi oleh perusahaan seperti Samsung.

Langkah ini bertujuan untuk membawa keahlian dan konsistensinya sendiri ke ekosistem Android. Demikian seperti dikutip dari laman The Verge, Sabtu (7/11/2015).

Untuk melakukannya, Google tentu perlu meyakinkan perusahaan seperti Qualcomm, yang menghasilkan beberapa chip Android saat ini dengan menggunakan teknologinya sendiri. Sayangnya, Google enggan berkomentar atau menanggapinya.

Kabar mengenai chip yang dirancang Google tersebut, diungkapkan The Information akan berlangsung musim gugur ini, berdasarkan keinginan perusahaan untuk membangun sebuah "enterprise connectivity device", yang akan sepenuhnya mengandalkan rumah teknologi.

Boleh jadi, perangkat yang dimaksud salah satunya adalah Pixel C laptop-tablet hybrid yang diluncurkan September lalu. "Tak lama kemudian, Google tengah membahas kemungkinan merancang chip smartphone sendiri," kata laporan itu.

Salah satu manfaat dari strategi Google ini adalah kemampuan untuk mengolah fitur canggih terkini ke versi Android berikutnya, seperti dukungan untuk augmented dan virtual reality, yang akan membutuhkan software dan hardware yang terintegrasi lebih erat.

Namun, menemukan pengembang chip tidaklah mudah. Meskipun Google dapat menemukan mitra yang bersedia dari produsen Android dengan budget murah, mereka kemungkinan tidak mampu menghasilkan chip berkualitas tertinggi yang mampu menyokong smartphone kelas high-end.

(why/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.