Facebook Akui Aplikasinya Bikin Boros Baterai Smartphone

Oleh Agustinus Mario Damar pada 25 Okt 2015, 08:33 WIB
Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menerima laporan dari pengguna perangkat iOS yang mengeluhkan borosnya konsumsi aplikasi Facebook di sistem operasi besutan Apple tersebut, Facebook melakukan pembenahan dengan merilis update terbaru.

"Kami telah menemukan beberapa permasalahan utama dan telah mengidentifikasi perbaikan tambahan. Beberapa di antaranya telah ada di versi terbaru yang rilis hari ini," kata Ari Grant, Engineering Manager Facebook melalui akun Facebooknya, seperti dikutip dari laman The Verge, Minggu (25/10/2015).

Ada dua permasalahan yang ditemukan tim pengembang Facebook terkait borosnya penggunaan baterai dari aplikasi Facebook di iOS.

Permasalah pertama yang ditemukan adalah 'CPU Spin' yang ada di kode jaringan Facebook. CPU Spin merupakan proses yang terus berulang di aplikasi Facebook untuk iOS tanpa menghasilkan sesuatu.

Proses inilah yang mengakibatkan penggunaan baterai lebih boros dari biasanya. Untuk permasalahan ini Facebook menegaskan telah memperbaikinya lewat pembaruan versi terbaru.

Permasalahan lain yang ditemukan adalah manajemen sesi audio. Dari penelusuran yang dilakukan, ternyata aplikasi Facebook di iOS tetap mengeluarkan suara ketika pengguna telah menutup aplikasi setelah menonton video.

Facebook menjelaskan, dengan suara yang masih menyala secara otomatis mengakibatkan penggunaan daya baterai yang lebih besar. Namun, penyelesaian untuk masalah ini masih dalam pengembangan Facebook.

Selain itu, Grant juga menegaskan bahwa fitur berbasis lokasi dari Facebook tidak berpengaruh pada konsumsi baterai yang lebih boros.

Masalah ini memang baru diketahui beberapa waktu yang lalu. Setelah banyak pengguna iOS yang mengeluhkan bahwa aplikasi Facebook di iOS ternyata menghabiskan daya baterai dan data ketika tidak sedang dibuka.

(dam/isk)