Sukses

Digitalisasi Bikin Orang Indonesia Makin Nasionalis

Penggunaan internet yang kian masif mendorong masyarakat Indonesia menjadi lebih vokal dan lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Orang Indonesia millennial saat ini tentu tak asing dengan internet, apalagi sosial media. Misalnya, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna Twitter dan Facebook terbesar di dunia.

Dalam Konferensi Indosat IdByte 2015 bertajuk "Connected Economy", Erik Meijer, selaku Strategic Brand Advisor Ooreedoo South East Asia, berbagi pandangan terhadap masyarakat Indonesia millennial saat ini yang makin akrab dengan internet.

"Digitalisasi (internet) membuat Indonesia tidak lagi 'terisolasi'. Justru mereka semakin vokal, global, dan lokal," ujar Erik saat menjadi pembicara di sesi Mobile First Approach to Meet Indonesian Millennials, Kamis (1/10/2015).

Apa maksudnya? Erik mencontohkan bagaimana pengguna internet di Indonesia semakin vokal dan mendunia, karena kini mereka lebih mudah untuk menyampaikan aspirasi melalui jejaring sosial, seperti Twitter dan Facebook.

"Buktinya, kebanyakan trending topic dunia di Twitter berasal dari Indonesia. Orang Indonesia yang mengglobal juga berarti tanda mereka semakin sukses," tambahnya.

Indonesia yang semakin lokal juga dianggap menjadi nilai plus. Itu karena mereka lebih menghargai apa yang dimiliki negaranya.

"Saat itu batik sempat diklaim milik Malaysia, dan masyarakat Indonesia bereaksi keras. Artinya, internet mendorong mereka lebih menghargai warisan budayanya," tutup Erik.

(Cas/Isk)*

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini